Diby Leather

Tas kulit handmade dengan kualitas terbaik asal Yogyakarta

Muhamad Amirullah


Diby Leather Yogyakarta. Perkembangan industri fashion di Indonesia sendiri sangat pesat, ini dibuktikan dengan banyaknya brand lokal maupun mancanegara yang dapat ditemui dengan mudah pada setiap toko. Jenis fashion di Indonesia yang sedang booming juga bermacam-macam, mulai dari hoodie, sepatu, hingga tas. Berbicara tentang tas, di Yogyakarta terdapat sebuah brand lokal yang memiliki produk dengan kualitas terbaik sehingga sangat diminati oleh banyak kalangan, baik di dalam negeri hingga ke mancanegara, brand tersebut adalah Diby Leather.

Diby Leather merupakan sebuah brand fashion yang didirikan oleh Bayu Ratna Dhini pada tahun 2012. Brand yang berasal dari Yogyakarta tersebut berfokus pada produk tas berbahan kulit. Bisnis tas kulit ini sendiri diawali dari rasa penasaran sang owner akan tingginya minat pasar akan olahan kulit di Yogyakarta. Apalagi ditambah dengan adanya teman dari sang owner yang mampu menjual produk oalah kulit dengan harga yang cukup tinggi. Beberapa faktor tersebut semakin membuatnya ingin menekuni bidang fashion tersebut lebih dalam lagi.

Setelah beberapa waktu melakukan riset melalui internet, perempuan yang lebih akrab disapa Ayu ini akhirnya menemukan supplier kulit sapi di daerah Klaten, Ayu pun langsung bergegas menuju tempat tersebut. Pada awalnya, Ayu mengiri jika bahan baku kulit tersebut dapat dibeli dalam jumlah sedikit, akan tetapi berbanding terbalik dengan apa yang dipikirikan. Ternyata membeli bahan baku kulit sudah harus sesuai dengan apa yang sudah diukur oleh si penjual, hal tersebutlah yang membuat harga kulit menjadi cukup tinggi di pasaran. Setelah mendapatkan supplier kulit, Ayu juga melakukan kerjasama dengan penjahit spesialis bahan kulit yang ada di Yogyakarta.

Sejak saat itulah, bisnis produk tas berbahan kulit  yang didirikan Ayu tersebut mulai berjalan. Pada awalnya, Diby Leather menarik banyak minat pelanggan sehingga harus terus memproduksi tas untuk memenuhi permintaan tersebut. Kemudian, seiring berjalannya waktu, waktu produksinya semakin overtime, ini karena tukang jadi yang bekerjasama dengan Diby Leather tersebut ternyata tidak hanya menerima pesanan dari Ayu saja. Hal ini merupakan sebuah kendala bagi bisnisnya jika terus menerus dibiarkan begitu saja. Untungnya, permasalahan ini dapat diatasi oleh  Ayu berkat bantuan suaminya. Suami Ayu sendiri karena didorong rasa penarasan mulai mencoba belajar tentang bagaimana proses pembuatan tas, mulai dari awal hingga produk jadi. Hal tersebut dilakukannya selepas pulang kerja dari kantor setiap harinya. Berkat kegigihannya, kini Ayu dan suami (Dhani Kurniawan) dapat memproduksi sendiri produk tas kulit di rumahnya sendiri.

Sejak saat ini, bisnisnya mulai berkembang dan semakin banyak peminatnya, khususnya dari kalangan kaum hawa. Kemudian, karena ingin mengembangkan Diby Leather secara lebiih besar lagi, akhirnya sang suami memutuskan untuk resign dari pekerjaannya saat itu. Hal ini membuat pasangan suami isteri tersebut dapat bekerjasama untuk focus mengembangkan bisnis fashion tersebut.

Tas yang ada di Diby Leather memiliki corak yang tidak sama pada setiap produknya. Hal tersebut membuat setiap tas yang diproduksi bersifat limited edition. Ini karena, proses pewarnaan atau pemberian coraknya dilakukan didalam air sehingga ketika melalui proses pencucian, pengeringan hingga penyetrikaan akan menghasilkan motif untuk yang berbeda pada setiap produknya.

Dengan kegigihan, kerja keras serta keuletannya tersebut, produk yang dimiliki Diby Leather mampu dikenal secara luas, bahkan hingga ke luar negeri, seperti Amerika Serikang, Inggris, Malaysia dan juga Brunei. Untuk harganya sendiri tergantung dari jenis produknya, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dengan harga yang kompetitif, setiap bulannya Diby Leather mampu memproduksi ribuan pcs setiap bulannya. Pada saat ini, produk dari Diby Leather tidak hanya berupa tas kulit saja, namun mulai merambah ke jenis fashion lain, seperti dompet, jaket, sepatu hingga souvenir. Apabila Anda tertarik dengan produk dari Diby Leather, Anda dapat langsung mengunjungi websitenya di http://www.dibyleather.com  atau akun intagramnya di @ dbleather. Selain itu, jika Anda bermint untuk menjadi reseller dari produk Diby Leather, Anda dapat langsung menghubungi nomor 081918952895 untuk info lebih lanjut.

Muhamad Amirullah

res.partner(7,)