Youzha

Brand lokal asal Bandung yang mampu menembus pasar internasional

Muhamad Amirullah


Youzha Bandung. Mendirikan bisnis pada usia muda memang bukan hal yang mudah. Terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi, mulai dari kurangnya pengalaman hingga sulitnya mendapatkan modal. Berbicara tentang modal, banyak orang masih menganggap jika sebuah usaha tidak memiliki modal maka usaha tersebut tidak akan dapat berdiri atau dijalankan dengan baik. Namun, anggapan tersebut dapat dipatahkan oleh Youlanda Nurul Iyazha, seorang perempuan cantik asal kota kembang Bandung yang memulai usahanya pada usia muda.

Owner dari brand Youzha tersebut memulai bisnisnya pada bidang fashion ketika masih berumur 19 tahun. Bisnis ini berawal ketika sang owner terpikir membuat hal baru pada beberapa pakaian miliknya. Hal ini membuatnya mulai bereksperimen dengan menggunakan cat dan juga beberapa pakaian yang dimilikinya. Dengan keuletan dan kreativitas, sang owner mulai menuangkan ekspresinya pada beberapa pakaian tersebut layaknya seperti melukis di kanvas. Goresan kuas yang menciptakan pola abstrak dengan banyak warna membuat beberapa pakaian tersebut terlihat unik dan lebih menarik untuk digunakan.

Seiring berjalannya waktu, beberapa pakaian tersebut mulai menarik minat beberapa kawan dekatnya. Mereka juga ingin memiliki pakaian dengan corak tersebut sehingga mereka mulai melakukan pemesanan kepada sang owner. Pada sekitar tahun 2012, sang owner mulai serius untuk menekuni bisnis fashion tersebut dan juga bereksperimen untuk membuat lebih banyak corak unik untuk produk fashion yang dijualnya. Tak hanya kaos, ternyata Youzha juga memiliki koleksi beberapa apparel yang lain, seperti dress, celana, hingga jaket dengan corak yang sepenuhnya dibuat secara manual (handmade).

Beberapa corak abstrak yang dituangkan pada produk fashion yang dimilikinya terinspirasi dari Stone and Roses, sebuah band asal Inggris. Owner dari Youzha tersebut memang menyukai band Inggris tersebut sejak lama sehingga cukup mempengaruhi desain yang dituangkan pada setiap produk Youzha tersebut. Akan tetapi, gradasi warna yang dimiliki Youzha terlihat lebih kalem dari pada gaya band Stone and Roses yang memiliki warna cukup mencolok.

Berbicara tentang omset, brand Youzha sendiri mampu meraup untuk untung hingga Rp. 30 juta per bulannya. Meskipun masih berfokus pada pemasaran secara dalam negeri, ternyata brand Youzha sudah sampai ke mancanegara, seperti Amerika dan juga Jerman. Wanita yang lebih akrab dipanggil dengan Iyung ini mengatakan jika ketertarikannya dalam dunia seni merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis yang dimilikinya. Sang owner juga berpesan bagi para pebisnis pemula untuk terus mengerjakan apa yang mereka sukai dan jangan melakukannya karena terpaksa.

Untuk harga dari produk yang ditawarkan oleh Youzha sendiri berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 750 ribu untuk jaket jeans, Rp. 135 ribu hingga Rp. 180 ribu untuk kaos serta Rp. 100 ribu hingga Rp. 150 ribu untuk produk jenis kupluk. Jika Anda tertarik dengan produk dari Youzha, Anda dapat langsung mengunjungi outletnya di Jl. Tundung Sari no 420, Garuda, Kota Bandung. Atau, Anda juga dapat follow akun instagramnya di @ youzha_id untuk mengetahui produk baru apa saja yang ditawarkan.

Muhamad Amirullah

res.partner(7,)