9 Cara Meningkatkan Penjualan Pada Bisnis Restoran

Kun Hery

Industri kuliner semakin hari semakin berkembang, sebagai pemilik usaha restoran, strategi pemasaran perlu ditingkatkan. Semakin ketatnya menghadapi pesaing bisnis di dunia industri kuliner, sekarang pesaing restoran tidak lagi dengan restoran. Bisnis bisnis baru seperti supermarket, food truck, stand makanan minuman dan hal lain yang belum terpikirkan akan terus berdatangan menarik minat pelanggan.

Jumlah omset menjadi salah satu pertimbangan pebisnis, kenaikan omset menjadi salah satu ciri tingkat keberhasilan di restoran anda dan sebaliknya bila omset yang diterima hampir sama menandakan ada sesuatu yang harus dilakukan oleh pebisnis untuk mengevaluasi kembali strategi marketing restoran. Berikut ini 9 cara baru meningkatkan penjualan bisnis restoran anda :

Tingkatkan Jumlah Prospek Secara Signifikan

 Cara paling mudah untuk meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan jumlah pengunjug, di jaman online seperti sekarang pilihan terbaik untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan menggunakan website dan konten marketing. Jika restoran Anda belum memiliki website silahkan menggunakan jasa pembuatan website profesional atau jasa pembuatan website Spica jika Anda ingin website dioptimasi dengan baik supaya mendatangkan pengunjung tertarget. Sedangkan jika restoran Anda sudah memiliki website silahkan menggunakan jasa optimasi website Andromeda untuk meningkatkan pengunjung website Anda secara signifikan dan tentunya tertarget.

Meningkatkan Upselling

Upselling adalah strategi yang menguntungkan dan membawa pelanggan lebih puas dengan produk yang diminatinya. Berfokuslah pada cara untuk meningkatkan produk yang anda miliki melalui upselling 5-10%. Ingatkan seluruh staf karyawan restoran bahwa pelanggan berada dalam ruang lingkup bisnis penjualan, setidaknya peningkatan up selling dapat dilakukan dalam hal yang kecil seperti menawarkan hidangan pembuka, penutup, varian rasa makanan restoran, dan hidangan dalam bentuk yang cukup besar.

Evaluasi Strategi Pemesanan Online

Apakah anda menawarkan jasa pengiriman makanan? anda dapat meningkatkan strategi pengiriman makanan melalui situs atau aplikasi pemesanan online. Layanan online memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan restoran, dengan teknologi seperti itu loyalitas pelanggan dapat didapatkan dengan mudah.

Sedangkan evaluasi strategi pemesanan online, dapat anda manajemen dengan menggunakan ERP. Sistem ERP membantu pebisnis mengelola prospek pelanggan, rincian pelanggan, masukan pelanggan, tagihan, laporan, inventaris dan lainnya secara terperinci.

Sistem ERP memudahkan pebisnis mengambil keputusan secara tepat, tanpa menunggu masukan dari supervisor karena keputusan berdasarkan data yang terinput. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai sistem ERP dapat berkonsultasi langsung dengan jasa implementasi odoo ERP.

Sosial Media Marketing

Jejaring sosial adalah salah satu strategi penjualan dengan memanfaatkan situs situs ternama di dunia seperti instagram, twitter, dan facebook. Strategi pemasaran sosial sangat efektif untuk meraup pelanggan, usahakan anda mengelola akun media sosial dengan demografi yang menarik minat pelanggan.

Bangunlah hubungan antara pelanggan dan penjual, terlebih dalam hal komunikasi. Selain itu usahakan akun media sosial marketing dibuat dengan aktif memberikan konten setiap hari, untuk membangun kredibilitas sehingga kedepannya konsumen dapat memberikan loyalitas terhadap bisnis anda.

Lebih Mengenal Tentang Generasi Millennial

Studi menemukan bahwa generasi millennial memiliki tingkat kesabaran yang rendah dan sulitnya menemukan kepuasan dalam memilih tempat makanan. Saat memilih restoran yang akan dituju, generasi millennial akan membaca atau meminta rekomendasi oleh teman,  Dimaksudkan generasi ini akan lebih mudah mempercayai kredibilitas restoran anda melalui ulasan ulasan dari pelanggan. Sekitar hampir kurang lebih 60% pelanggan memutuskan untuk tidak jadi pergi karena telah membaca ulasan buruk mengenai restoran anda.

Pebisnis sebaiknya lebih mengenali generasi millennial lebih dalam, dengan alasan bisnis kuliner anda mengikuti perkembangan. Contoh anda dapat melihat langsung, bahwa generasi tersebut lebih menyukai tempat “nongkrong”, ide tersebut dapat anda terapkan di restoran dengan membangun sebuah area khusus.

Adakan Rapat Secara Rutin Dengan Karyawan

Adakan pertemuan rutin dengan karyawan yang anda miliki, secara tidak langsung mereka lebih mengetahui pengalaman dan keadaan langsung saat proses penjualan makanan. Berikan masukan ide atau tanggapan mengenai perkembangan kemajuan restoran anda, dan adakan evaluasi.

Evaluasi dapat anda gunakan sistem ERP, mulai dari prospek hingga after sales. Semua data akan terintegrasi dalam ERP yang akan di bahas dan diberikan masukan ke depan untuk kemajuan restoran anda.

Pelayanan Konsumen Pertama Kali

Dalam sebuah industri restoran, pelayanan yang baik akan meningkatkan jumlah pelanggan dan peningkatan tersebut berkesinambungan dengan keuntungan restoran anda. Suasana makan dan kenyamanan tamu saat datang akan memberikan timbal balik akan datang kembali karena merasa puas.

Beberapa kiat dalam membuat pelanggan lebih puas  :

  • Latih staf anda, bagaimana cara menegetahui dan tertarik dengan layanan yang akan diberikan

  • Pastikan pesanan sampai dengan sempurna

  • Sapa, senyum dan konfirmasi mengenai pesanan yang akan diberikan

  • Berikan sebuah kupon diskon pada pesanan berikutnya, agar memungkinkan mereka dapat datang kedua kalinya

Kehangatan Di Media Sosial

Memperlihatkan foto foto pemilik restoran, staf karyawan dan karyawati merupakan ide yang bagus. Strategi sosial media dapat menjalin kehangatan ke pelanggan, dengan mengenal sosok sosok yang ada di restoran anda.

Gunakan selalu akun setiap karyawan untuk meraup follower, mengajak lebih mengenal dan akrab mengenai restoran yang anda miliki. Berbagai foto,  cerita, dan kreasi unik ke setiap personal pelanggan sehingga memungkinkan besar mendapatkan kunjungan dari pelanggan.

Tetap Di Puncak Teknologi

Teknologi pemasaran online memiliki puncak peran lebih besar terhadap bisnis restoran, sebagian besar pelanggan mengatakan bahwa opsi teknologi restoran lebih memberikan kenyamanan dan pendapat lain mengatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan akurasi pesanan.

Tak bisa dipungkiri, bahwa saat ini anda sudah berada di era digital, dimana pelanggan akan lebih melekat pada perangkat elektronik untuk menjelajahi berbagai aktivitas kulinernya. Gunakan teknologi tersebut untuk menjalin komunikasi yang menyenangkan dan selalu berbagai kreasi menarik yang anda miliki.

Kiatnya perkembangan teknologi semakin berkembang, pebisnis sebaiknya mengadopsi kebutuhan perangkat aplikasi yang semakin mobile dan memiliki kecepatan dalam merespon sebuah permintaan konsumen. Jika anda ingin mendalami sistem aplikasi mobile, anda dapat berkonsultasi dengan jasa Pembuatan Aplikasi Mobile Profesional.

Tingkatkan Sedikit Harga Penjualan Restoran Anda

Sebagai pelaku bisnis, anda harus berhati hati dalam memutuskan kenaikan harga jual produk. Tingginya kenaikan biaya produksi mengharuskan anda untuk menaikan beberapa produk yang anda miliki dan disisi lain kenaikan tersebut berdampak pada kehilangan pelanggan. beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan acuan kenaikan harga, diantaranya :

  • Anda tidak dapat menaikan harga yang cukup tinggi karena sekedar mencari omset, naikan produk anda sedikit demi sedikit.

  • Gunakan membership yang memberikan potongan ke pelanggan dengan beberapa syarat tertentu seperti membawa member lain, pemesanan dengan target yang ditetapkan pebisnis, dan pengumpulan poin yang dapat ditukarkan.