Cara Berjualan Online Agar Laris

Alex Dhika

Bagaimana berjualan online agar laris? Pertanyaan yang sering dipertanyakan kepada kami terutama bagi perusahaan UKM yang baru memulai menjual produk secara online. Secara prinsip menjual secara online hampir sama dengan menjual secara offline yang membedakan adalah cara dan juga strategi menjual online yang harus dipahami dulu sebelum memulai berjualan secara online.


Secara gambaran umum ada 3 jalur besar menjual secara online yang bisa Anda gunakan

  1. Website

  2. Social Media

  3. Marketplace

Dari ketiga jenis jalur penjualan online tersebut bukan berarti harus dipilih salah satu. Anda bisa menggunakan semua jalur penjualan online namun yang perlu diperhatikan adalah mengerti strategi menjualnya dan memprioritaskan mana jalur yang bersifat jangka panjang dan mana yang bersifat jangka pendek.

Kita semua sama-sama tahu bahwa marketplace dan social media memiliki masa yang tidak bersifat jangka panjang. Kita ambil contoh sekitar belasan tahun yang lalu sosial media online dikuasai Friendster, kemudian beralih ke Facebook dan sekarang mulai berpindah ke Instagram dan di kemudian hari trend ini juga akan terus berubah. Oleh karena itu kami sangat menyarankan bagi Anda yang ingin memulai berjualan online bangunlah aset yang tetap dan bersifat jangka panjang yaitu website. Banyak klien jasa pembuatan website kami yang mendapatkan kesuksesan jangka panjang dengan menggunakan strategi website + konten marketing yang juga dikombinasikan dengan sosial media untuk tetap bersentuhan dengan pelanggan. Jadi posisi sosial media bukan untuk ujung tombak marketing namun sebagai jalur untuk tetap menjaga relasi dengan pelanggan meskipun juga bisa digunakan sebagai jalur penjualan.

Berikut ini beberapa tips cara berjualan secara online agar laris :

  1. Buatlah penawaran yang menarik dan tidak bisa ditolak oleh target market Anda. Hal ini sangat penting karena inti dari bisnis bukanlah produk melainkan "penawaran"

  2. Bangunlah website yang berkaitan dengan brand Anda. Anda wajib membangun kedua hal ini dan tidak boleh hanya salah satu saja. Brand wajib bagi bisnis dan begitu juga website. Jika Anda kesulitan membangun website yang berkualitas silahkan menghubungi kami atau mengunjungi halaman jasa pembuatan website profesional.

  3. Buatlah nilai tambah di dunia online dengan membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca.  Konten bisa berupa artikel, video maupun gambar. Hal ini sangat penting karena Anda wajib membantu orang lain terlebih dahulu sebelum mereka membeli dari Anda. Anda juga bisa menggunakan layanan optimasi website Andromeda jika kesulitan melakukan promosi secara online agar laris.

Itulah beberapa pengalaman dan tips yang kami bagikan supaya berjualan online agar laris. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin dikonsultasikan tentang pemasaran online silahkan menghubungi customer service kami, dengan senang hati kami membantu Anda.