Cara Menarik Pelanggan Online Shop

Muhamad Amirullah

Bukan hanya cara berbelanja yang telah berubah karena kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang tetapi juga  bagaimana cara orang melakukan perbandingan tentang berbagai hal dan membuat keputusan untuk membeli sebuah produk atau tidak, juga telah banyak berubah.

Karena aktivitas berbelanja pada toko online semakin pesat, maka sejumlah toko online atau e-commerce menawarkan beberapa layanan terbaik bagi konsumen mereka. Di sisi lain, untuk menemukan produk dan layanan terbaik, para konsumen akan lebih memiliki toko yang lebih besar seperti Amazon daripada toko online kecil independen.

Di era persaingan yang ketat ini, para pemilik online shop banyak mengalami kesulitan untuk menarik pelanggan yang akan menambah nilai bagi bisnis mereka. Ini tidak berarti bahwa Anda perlu menghabiskan banyak uang untuk memasarkan bisnis online shop Anda; bahkan perubahan kecil dan beberapa perbaikan dapat membuat perbedaan besar terhadap online shop Anda.

Namun, jika Anda sedang mencari beberapa panduan untuk meningkatkan penjualan Anda di online shop Anda, maka berikut adalah beberapa cara menarik pelanggan online shop yang dapat Anda aplikasikan:

Memiliki online shop yang menarik perhatian

Tidak diragukan lagi, toko e-commerce Anda adalah representasi bisnis Anda, jadi ciptakan oneline shop yang bagus dan menarik. Online shop Anda harus terorganisasi dengan baik sehingga menarik pengunjung untuk mengeklik lebih jauh, melihat produk, dan melakukan pembelian, sedangkan jika toko yang tidak terorganisir dengan tampilan rata-rata akan membuat mereka menjauh dari online shop Anda.

Semua hal tersebut sangat penting karena kesan pertama sangat berarti, buatlah online shop yang bagus, modern, dan profesional untuk memastikan kesan pertama yang selalu diingat oleh para pelanggan. Jika Anda masih kebingungan dengan semua hal tersebut, Anda dapat menyewa perusahaan dalam bidang jasa perawatan dan optimasi website yang akan membantu Anda akan segala permasalahan tersebut. Namun, jika Anda masih belum memiliki sebuah website atau masih menjual produk Anda di marketplace, maka Anda dapat menggunakan perusahaan jasa pembuatan website professional yang terpercaya.

Membangun reputasi yang baik sebelum mempromosikan merek Anda

Reputasi, tanpa diragukan lagi, adalah hal yang paling penting, terutama di era modern dengan persaingan yang ketat ini di mana pelanggan selalu melihat reputasi sebelum membeli sebuah produk atau mengunjungi sebuah online shop.

Jadi, fokuslah untuk membangun kepercayaan untuk pelanggan Anda sejak hari pertama dan dapatkan umpan balik dari mereka. Hal ini akan membantu Anda untuk membangun reputasi yang baik.

Selain itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun reputasi yang baik adalah dengan menawarkan jaminan produk, menampilkan ulasan pelanggan Anda yang paling puas dan keterlibatan dengan pelanggan yang ada / sebelumnya. Setelah semua hal tersebut terpenuhi, Anda dapat mulai berfokus untuk mencari strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness dari produk Anda.

Target audiens

Sudah menjadi hal yang umum jika sebuah tren akan bervariasi dari satu negara dengan negara lainnya; jadi, jika Anda menargetkan pelanggan dari negara tertentu, ketahuilah tren terbaru dan pilihan yang disukai oleh mereka. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan produk mana yang harus Anda daftarkan terlebih dahulu untuk menarik pelanggan tertentu. Juga, tidak diragukan lagi Anda perlu mengatur produk dalam kategori yang berbeda sehingga pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan produk yang diinginkan, tetapi Anda juga harus menunjukkan semua kategori ini di homepage online shop Anda.

Pastikan memiliki ulasan dan peringkat yang bagus untuk produk Anda

Bukan hanya reputasi merek (brand) yang akan mendorong pengunjung Anda untuk melakukan pembelian, tetapi reputasi produk juga sangat berarti. Hal ini karena pelanggan akan merasa yakin dengan produk Anda dan kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian produk Anda.

Sebagai contoh, mereka akan lebih memilih produk yang akan memiliki sekitar 50 komentar positif daripada yang tidak memiliki komentar. Jadi, Anda perlu mendorong pelanggan Anda yang puas untuk meninggalkan ulasan mereka atau memberikan peringkat untuk produk yang telah dibeli. Dengan begitu, penjualan pada online shop Anda akan meningkat.

Fokus pada detail yang diperlukan

Jika pengunjung membuka halaman produk online shop Anda tetapi kebanyakan dari mereka kembali tanpa membeli atau mengklik tombol “tambahkan ke keranjang”, maka Anda harus lebih berfokus pada detail produk bersamaan dengan menampilkan gambar yang bagus dari produk tersebut. Selain itu, Anda juga harus menampilkan harga, pengiriman, spesifikasi produk dan diskon untuk lebih meyakinkan para pelanggan yang datang ke online shop Anda.

Namun, detail lain yang dapat Anda tambahkan untuk menarik pembelian yang lebih maksimal adalah dengan menampilkan jumlah item yang terjual, tingkat stok, peringkat, dan foto yang jelas dari produk yang diambil dari sudut yang berbeda.

Jangan memaksa pengunjung untuk mendaftar di situs web Anda

Tidak ada yang suka mendaftar dan membuat akun untuk mengakses situs web Anda atau onlie shop Anda. Jadi, jika Anda masih menerapkan hal ini, maka Anda harus menghapusnya, jika tidak, Anda akan kehilangan pelanggan potensial Anda.

Meskipun perlu untuk mendapatkan alamat email dari mereka atau informasi berharga lainnya yang dapat membantu untuk menghubungi mereka nanti, tetapi Anda harus membuat langkah pertama yang sederhana dan tidak merepotkan bagi mereka. Anda dapat meminta mereka untuk membuat akun nanti atau dapat membiarkan mereka melakukan pembelian sebagai tamu (log in as guest). Dengan begitu, para pelanggan akan merasa nyaman ketika mengunjungi website atau online shop Anda.

Pastikan memiliki support yang baik untuk pelanggan Anda

Jangan pernah meremehkan dampak yang dapat diberikan oleh dukungan pelanggan (customer sevice) kepada klien Anda. Ingatlah satu hal bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukan promosi daripada klien yang merasa puas. Jadi, pastikan memiliki bagian support yang cepat dan positif kepada klien Anda dengan cara menanggapi pertanyaan dan komentar klien Anda sesegera mungkin.

Hal lain yang perlu Anda ingat adalah bahwa pembeli dua kali lebih bersemangat untuk berbagi tanggapan negatif dibandingkan dengan tanggapan positif. Itulah mengapa Anda harus memastikan kepuasan klien Anda.

Media sosial

Biasanya, kebanyakan pelanggan tidak menyadari terdapat beberapa produk baru yang telah tersedia karena persaingan yang ketat. Jika demikian halnya dengan Anda maka Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk promosi produk baru Anda.

Anda dapat memposting gambar dan video produk Anda bersama dengan tautan balik ke produk tersebut di situs web e-commerce Anda. Hal ini pasti akan mengarah pada peningkatan promosi dan peningkatan penjualan produk Anda.

Diskon dan penawaran

Kata “gratis” dapat melakukan keajaiban untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Itu karena kata ini menggairahkan mereka dan menimbulkan perasaan positif untuk melakukan pembelian. Jadi, tawarkan diskon dan penawaran khusus kepada pengunjung Anda tentang produk yang mereka minati.

Ini adalah fakta yang mengejutkan bahwa sebagian besar waktu, pengunjung tidak dimaksudkan untuk membeli barang tertentu untuk saat itu; mereka hanya membelinya karena terdapat diskon besar yang ditawarkan. Bahkan pengiriman secara gratis dapat dikategorikan sebagai diskon yang besar bagi mereka. Oleh karena itu, Anda dapat mengaplikasikan taktik ini untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan ke online shop Anda. Anda hanya perlu memilih strategi yang tepat untuk menjangkau dan memuaskan pelanggan Anda; tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menjangkau pelanggan secara maksimal. Sebaliknya Anda harus bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan pilihan audiens target Anda, dan kemudian merencanakan strategi Anda yang sesuai.