Cara Mendatangkan Pengunjung ke Toko Online Baru

Kun Hery

Toko online adalah sistem layanan perdagangan elektronik (e-commerce) antara penjual dan pembeli dengan kemudahan akses dan komunikasi antar kedua pihak. Berbagai jenis barang dan jasa dapat diperjual belikan dengan mudah, tanpa kedatangan langsung seorang pembeli ke toko fisiknya.

Peluncuran toko online menjadi sebuah peluang besar peningkatan prospek para pebisnis dalam menjual produk yang dimiliki, namun tidak semua toko online mampu mendatangkan pengunjung di toko online-nya. Dalam dunia bisnis online, transaksi antara penjual dan pembeli dapat terjadi bila ada pengunjung, dan sebaliknya bila tidak ada pengunjung maka tidak ada pula calon pembeli.

Pengunjung sangat berkaitan erat dengan pengunjung pada situs toko online yang anda miliki. Kegagalan toko online paling besar dialami karena kelemahan sebuah situs dalam mencari lalu lintas penunjung, berikut ini 5 cara untuk mendatangkan pengunjung ke toko online anda :

Mencari Influencer Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan memiliki pengguna lebih banyak daripada printerest, facebook, twitter dan google plus. Instagram dapat anda jadikan sebagai salah satu saluran efektif untuk mendapatkan promosi produk anda dengan cara menargetkan pada influencer.

Mulailah dengan mencari influencer melalui akun akun populer yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap produk yang anda miliki. Berikut ini langkah dalam mencari sebuah influencer :

A. Gunakan layanan websta.me untuk mencari katalog hastag yang populer, gunakan hastag yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Contoh penjualan produk kecantikan rambut, dengan kata kunci “hairstyles”.

B. Anda dapat melihat beberapa hastag yang memiliki post cukup banyak, lihatlah kembali isi dalam hastag tersebut dan kemudian cari beberapa akun yang memiliki followers yang cukup banyak. Direkomendasikan sekali akun yang memiliki tautan laman, kontak email maupun telepon karena sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi dengan influencer.

C. Setelah anda mengetahui alamat kontak dan bio data influencer, lampirkan beberapa kalimat yang menawarkan bahwa anda ingin mempromosikan produk. Contoh salah satu template penawaran :


Hai Rina,

Nama saya Divo, dan saya sudah menjadi penggemar berat posting Instagram Anda.

Anda mungkin tertarik dengan peluncuran toko online kami yang memiliki kemiripan dengan postingan yang anda miliki. Saya sangat bangga sekali dengan post konten dalam akun anda, apakah saya dapat dijadikan pertimbangan dalam mempromosikan beberapa produk yang kami miliki ?

Beberapa produk detail kami ada di www.contohproduk.com , mohon beritahu saya kembali ke alamat email divo@gmail.com , contact person +628380000


Salam, Divo

Mencari Seleb Blogger Dan Seleb Youtube

Seleb blogger memberikan pengaruh besar dalam peningkatan traffic toko online anda melalui saluran pencarian google search engine. Proses pencarian seleb blogger hampir mirip dengan pencarian influencer di instagram, namun di google anda perlu memainkan kata kunci yang memiliki  kesan mirip dengan produk yang anda jual dan langkah selanjutnya pastikan situs yang anda cari memiliki posting artikel update serta pengunjung yang ramai.

Untuk memperluas chanel promosi toko online, anda dapat menggunakan youtube. Platfrom youtube memiliki fitur yang cukup bagus, memungkinkan pengunjung mudah memberikan feedback terhadap video yang telah di publish.

Anda bisa mencari sebuah akun populer, terupdate dan ramai yang berkaitan erat dengan manfaat atau produk anda, ajukan diri anda untuk menawarkan untuk dipromosikan.

Ajak Teman Untuk Berbagi

Facebook walaupun disebut sebagai marketing sosial media yang memiliki jangkauan luas, pebisnis sebaiknya tidak menargetkan secara langsung dengan post post produknya. Menganggap teman facebook sebagai calon penonton iklan anda secara terpaksa dan terpajang di beranda adalah hal yang perlu di evaluasi.

Berbicara mengenai toko anda, sebaiknya jangan terlalu memfokuskan teman facebook untuk membeli produk anda. Anggap mereka sebagai teman ataupun keluarga yang terus dilakukan komunikasi dan bila perlu berbagilah dengan produk anda secara gratis dengan beberapa syarat tertentu, seperti berbagi post produk dengan tingkat komentar dan like dengan batas tertentu.

Untuk memaksimalkan broadcast facebook dapat menggunakan fitur message pribadi, dengan contoh template seperti :

Salam Handi

Saya sangat senang memberitahu anda, bahwa saya telah membuat toko online baru www.tokoonline.com

Saya tertarik dengan teman kamu yang sangat ramah, apakah anda tertarik dengan produk “A”, bila anda berminat akan kami kirimkan secara gratis. Syaratnya cukup mudah hanya untuk membagikan atau menyebarkan berita ini ke akun facebook kamu.

https://www.domainanda.com/bleaching rambut

Salam Hangat, Andi

Ikut Terlibat Aktif Di Twitter

Twitter pada prinsipnya hampir mirip dengan facebook, jangan menjual produk anda secara langsung sebelum terlibat dengan orang orang di twitter. Blackbird Baking Company adalah salah satu toko roti yang menjual roti segar dan berhasil meraup lebih dari 500 pengikut sebelum membuka toko-nya.

Hal pertama yang anda lakukan adalah dengan mengikuti orang orang yang memiliki hobi dan minat yang sesuai dengan produk anda. Cara hal yang paling mudah adalah dengan berinteraksi dengan followers pada akun populer yang relavan, anda juga dapat menggunakan aplikasi followerwonk untuk mendapatkan informasi mengenai profile twitter seseorang dengan tingkat detail yang cukup spesifik seperti lama akun twitter seseorang, jumlah follower, dan Social Authority.

Arahkan Sosial Media Ke Toko Online Anda

Setelah anda menempatkan konten konten anda ke dalam sebuah promosi, diwajibkan untuk memberikan arah langsung mengunjungi situs beranda atau laman toko online anda. Penting sekali menempatkan link, karena sangat berpengaruh sekali dalam peningkatan traffic website yang anda kelola, semakin tinggi pengunjung website semakin tinggi pula peningkatan kredibilitas di kolom pencarian google.

Kredibilitas website sangat berpengaruh besar mendongkrak performa bisnis di pencarian google dan di posisikan sebagai tiang nomor satu dalam sebuah bisnis toko online. Sebaiknya setelah pembuatan website coba-lah konsultasikan dahulu kepada jasa perawatan dan optimasi website.