Terdapat berbagai macam cara baru  untuk memasarkan sebuah produk seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih setiap harinya. Salah cara pemasaran yang semakin populer adalah dengan memanfaatkan YouTube untuk memasarkan sebuah produk atau YouTube Marketing.

Pada saat ini, kebanyakan para konsumen menyukai presentasi sebuah penawaran bisnis yang lebih dinamis. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika saat ini para pebisnis menggunakan pendekatan pemasaran yang lebih dinamis yang mencakup pemasaran melalui video. Video menjadi lebih populer terhadapt konsumen yang lebih condong ke arah audio, visual dan animasi dari pada melalui pendekatan pemasaran berbasis teks saja.

Video terbukti sangat efektif dalam menghibur, dan juga mendidik, namun pebisnis yang inovatif akan menggunakan video dalam mempromosikan sebuah produk mereka dengan sangat efektif. Dengan adanya  YouTube maka pemasaraan dengan menggunakan video dapat dilakukan dengan biaya yang rendah dan juga lebih efektif.

YouTube mengizinkan semua jenis video, baik itu homemade atau profesional untuk diupload dan diakses dengan mudah oleh para pengunjung website tersebut. YouTube merupakan sebuah situs hosting video terkenal yang menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia. Sedikit keterampilan teknis diperlukan dalam memanfaatkan platform ini  untuk mempromosikan sebuah bisnis atau produk melalui video.

Para pebisnis  harus lebih mementingkan keterampilan dan teknik dalam menghasilkan video yang menarik yang dapat menguntungkan sebuah bisnis saat diunggah di YouTube karena terdapat banyak banyak sekali video yang diunggah di platform ini setiap harinya. Pemasaran video yang sukses harus menghasilkan banyak trafik ke situs bisnis anda, dari video promosi yang sederhana dan singkat, hingga video promosi yang menghibur, dan informatif bagi para viewer.

Anda dapat mengunggah semua jenis video di YouTube karena platform ini menerima hampir semua video tanpa memperhatikan kategori atau profesionalisme selama persyaratan dan ketentuan dasarnya terpenuhi. Oleh karena itu, video yang dirancang dengan baik dan diproduksi perlu menggabungkan keterampilan dan taktik pemasaran bisnis terbaik agar dapat menarik banyak audience yang akan mereka menerapkan strategi pemasaran melalui YouTube. Namun anda tidak perlu ragu untuk melakukan promosi produk melalui YouTube, berikut adalah beberapa cara agar promosi anda dapat berjalan dengan maksimal :

Membuat sebuah konten yang memenuhi kebutuhan

Untuk menjangkau orang-orang yang memerlukan bantuan maka Anda harus membuat sebuah konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika hanya mengunggah video seperti iklan TV kabel yang ada atau cuplikan dari tokonya saja maka hal ini tidak akan menarik perhatian atau membuat ketertarikan pada bisnis Anda. Pleh karena itu, anda harus mennerapkan cara lama yaitu ‘AIDA’. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, and Action. Tangkap perhatian dan ciptakan minat dengan memenuhi kebutuhan informasi dari para audiens Anda.

Memperhatikan kualitas konten

Anda tidak harus menjadi seperti sutradara yang terkenal untuk membuat sebuah video, namun video Anda harus profesional dan mudah ditonton. Kamera yang bergetar (bergoyang), kualitas audio yang buruk, pencahayaan buruk atau kurangnya koherensi dalam cerita, semuanya menyebabkan penonton akan malas untuk melihat video anga. Anda harus memperhatikan pencahayaan.,  anda dapat menggunakan tripod agar kamera anda tetap stabil. Selain itu, anda juga dapat menggunakan mikrofon agar mendapatkan kualitas audio yang sempurna. Dalam segi cerita, cobalah untuk menceritakannya secara jelas. Dengan memperhatikan dasar-dasar ini, maka video Anda akan menonjol dibandingkan beberapa konten dengan berkualitas buruk yang ada di situs ini. Hal ini akan secara otomatis dapat dinikmati oleh banyak audience.

Optimalkan untuk penelusuran YouTube

Hampir 24 jam penuh terdapat banyak video baru yang diunggah ke YouTube setiap harinya. Agar video anda dapat ditemukan, Anda perlu mengoptimalkan konten anda sehingga dapat ditemukan di situs ini dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menambahkan video Anda ke YouTube. Sertakan kata kunci penting dalam judul dan pastikan tag Anda menyertakan kata kunci tersebut juga. Pilih thumbnail yang menarik dan menggambarkan dengan jelas tentang video Anda.

Biarkan mereka tahu siapa Anda

Jangan takut untuk mengenalkan tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan; Penting untuk anda memberi tahu kepada para audien tentang siapa yang membuat konten tersebut. Anda harus mengajak para viewer untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan dan produk Anda dengan meminta mereka untuk subscribe chanel atau email perusahaan Anda (jika ada). Dengan membangun basis pelanggan di YouTube, Anda akan secara otomatis dapat menjangkau pemirsa atau calon pelanggan yang telah berlangganak ke chanel Anda.

Itulah beberapa cara untuk memanfaatkan YouTube untuk marketing produk Anda. Namun masih terdapat puluhan cara lagi agar anda dapat memanfaatkan YouTube untuk marketing secara maksimal,