Panduan Memilih Mesin Absensi

Muhamad Amirullah


Pada saat ini, mesin absensi sudah menjadi bagian sehari-hari dalm sebuah pekerjaan. Mesin ini banyak digunakan di banyak perusahaan. Hal ini sebanding dengan banyaknya penjual baik dealer, agen maupun distributor retail mesin absen. Membeli mesin absensi sam dengan melakukan investasi sehingga Anda harus lebih jeli dalam memperhitungkan dan membandingkan produk sampai pelayanan purna jualnya. Jangan mudah tergiur dengan harga, bonus, diskon atau cash back jika produk dan purna jual yang tidak sebanding. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah panduan memilih absensi terbaik untuk perusahaan Anda:

1. Mengetahui Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Memakai Setiap Mesin Absensi

Mesin absensi memiliki banyak jenis dan juga berbagai bahan karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Selain itu, mesin absensi ini juga memiliki banyak tipe seperti dapat mendeteksi sidik jari, wajah, dan juga ada yang sudah berbasis web. Dengan banyaknya jenis, bahan, dan juga tipe, hal ini membuat mesin absensi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan tentang jenis, kelebihan, kekurangan dan juga cara memakai masing-masing mesin absen yang ada saat ini:

  • Mesin Absensi Kartu Manual


Salah satu jenis alat penghitung waktu kerja para karyawan yang paling tua adalah jenis mesin absensi kartu manual.Pada umunya, mesin absensi kartu manual sering disebut dengan “mesin ceklok” oleh para penggunanya. Mesin absensi ini masih menggunakan cara yang tradisional, yaitu dengan cara menidentifikasi kehadiran karyawan pada sebuah perusahaan atau bisnis melalui kartu absen biasa.

Ciri dari mesin absensi ini adalah memiliki lubang pada bagian atas yang bertujuan untuk memasukkan kartu absen yang dimiliki oleh para pegawai serta terdapat jam analog yang menunjukkan waktu absensi. Ketika para pegawai memasukkan kartu tersebut pada lubang tersebut maka waktu mereka masuk dan pulang kerja akan tercetak pada kartu tersebut.

  • Kelebihan mesin absensi kartu manual

Memiliki harga yang terjangkau

Dengan harga yang relatif murah, mesin absensi jenis ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan berskala kecil yang memiliki jumlah pegawai antara 10 hingga 50 orang.

Pencetakan waktu secara real time

Mesin absensi ini juga dapat memberikan informasi secara real time tentang hari, tanggal dan juga pada jam berapa karyawan tersebut masuk dan pulang kerja karena semua informasi tersebut langsung tercetak di kartu absensi mereka.

  • Kekurangan mesin absensi kartu manual

Tidak praktis

Pendataan pegawai yang masih menggunakan cara manual merupakan aktivitas yang cukup merepotkan. Hal ini akan membuat pihak yang terkait seperti HRD akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuat laporan tentang absensi para pegawai yang ada pada perusahaan tersebut.

Menghabiskan terlalu banyak kertas

Jenis mesin absensi kartu manual ini menggunakan kertas untuk setiap pencatatannya, hal ini membuat penggunaan kertas semakin boros dan juga tidak ramah lingkungan.

Rentan terjadi kecurangan

Selain tidak praktis dan tidak efisien, mesin absensi kartu manual juga rawan akan terjadinya kecurangan. Para pegawai biasanya akan menitipkan kartu absensi milik mereka kepada temannya jika mereka telat ke kantor namun absensi mereka akan tetap terlihat masuk tepat waktu.

  • Cara menggunakan mesin absensi kartu manual

Pegawai akan diberi kartu masing-masing oleh perusahaan pada sebuah rak yang terletak did dekat mesin absensi ketika setelah mereka didata terlebih dahulu. Setelah itu, para pegawai harus memasukkan kartu mereka pada slot mesin absensi dan kemudian kartu tersebut akan keluar.

Kemudian, kartu yang keluar dari mesin absen tersebut akan tercetak informasi tentang kapan pegawai tersebut masuk dan juga pulang kerja. Informasi pada kartu tersebut akan didata oleh pihak kepegawaian untuk membuat daftar kehadian pegawai di perusahaan tersebut.

Jika seorang pegawai tidak tepat waktu dalam memasukkan kartunya ke mesin absensi, maka informasi yang ada pada kartu tersebut akan dicetak dengan tinta warna merah untuk menunjukkan jika pegawai tersebut telat masuk kerja.

  • Mesin Absensi Digital


Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat mesin absen juga menggunakan metode yang lebih mudah untuk dilakukan, salah satunya adalah dengan metode digital. Jenis mesin absensi ini dirasa lebih efisien oleh banyak penggunanya.

Biasanya, mesin absensi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti layar digital yang menunjukkan waktu dan informasi lainnya, serta beberapa tombol yang berguna untuk para pegawai memasukkan password mereka.

  • Kelebihan

Ketika menggunakan mesin absensi digital, sebuah perusahaan akan lebih mudah untuk melihat informasi tentang absensi seluruh pegawai mereka secara digital pada sebuah computer, dan hal ini jauh lebih efisien dibandingkan dengan mesin absensi yang masih menggunakan kartu manual.

  • Kekurangan

Proses absensi yang agak lama dan kurang praktis karena karyawan harus menginput data mereka terlebih dahulu sebelum mulai bekerja.

Mesin absensi digital ini meskipun sudah cinggih ternyata juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah kurang praktis. Ketika harus melakukan proses absensi, para pegawai harus memasukkan data atau PIN mereka terlebih dahulu sebelum mulai untuk melakukan aktivitas pekerjaan.

Selain itu, kecurangan juga masih sering terjadi karena para pegawai masih bisa memberitahu data mereka kepada pegawai lain untuk melakukan absen bagi mereka ketika seorang pegawai telat masuk kantor.

  • Cara menggunakan

Seperti biasa, pegawai akan didata terlebih dahulu pada sebuah sistem sebelum mendapatkan PIN atau password yang dapat mereka masukkan pada mesin absen. Setelah itu, para pegawai dapat memasukka PIN atau password mereka pada mesin absen sebelum mereka melakukan aktivitas pekerjaan.

  • Mesin Absensi Magnetic Card


Mesin absensi magnetic card ternyata sudah digunakan  sejak tahun 80 an. Mesin ini dapat dikatakan sebagai kombinasi dari mesin absensi kartu manual dan juga digital. Hal ini karena pendataan menggunakan kartu yang digesekkan pada mesin absensi dan data yang diperoleh akan berupa data absensi secara digital.

  • Kelebihan

Mesin ini lebih modern jika dibandingkan dengan mesin absensi kartu manual untuk mendata setiap pegawai di sebuah perusahaan.

Ketika seorang pegawai menggesekkan kartu (ID card) pada slot mesin absensi, maka identitas mereka secara otomatis dapat terdeteksi oleh sistem. Selain itu, harga dari mesin absensi ini  hampir sama dengan dengan mesin absensi kartu manual. Dengan harga yang terjangkau, mesin ini sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah.

  • Kekurangan

Seperti biasa, pendataan absensi secara manual masih tetap memunculkan kecurangan karena pegawai data menitipkan ID card pada rekan mereka. Selain itu, mesin absensi magnetic card juga memiliki kapasitas user yang terbatas.

  • Cara menggunakan

Para pegawai melakukan aktivitas abesnsi dengan cara menggesekkan kartu identitas (ID card) mereka masing-masing segera setelah tiba di kantor sebelum memulai bekerja.Setelah itu, data pegawai yang masuk masuk secara otomatis ke sistem dan kemudian diproses untuk memungkinkan staf HRD melihat informasi tentang kehadiran para pegawai tersebut.

  • Aplikasi Absensi Berbasis Web


Jenis absensi ini digunakan untuk mendata para pegawai secara online. Akan tetapi, alat yang dimaksud di sini bukanlah mesin seperti mesin absensi pada umumnya, tetapi sebuah aplikasi komputer yang dapat diakses melalu internet. Aplikasi ini dapat diakses oleh para pegawai melalui komputer mereka masing-masing. Setiap pegawai akan diberikan username dan password. Hal ini membuat mesin absensi berbasis web sangat cocok bagi perusahaan yang pegawainya menggunakan komputer untuk aktivitas pekerjaan sehari hari mereka.

  • Kelebihan

Salah satu fitur penting yang dimiliki oleh sistem atau aplikasi absen berbasis web ini adalah dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Hal ini membuat perusahaan yang memiliki banyak cabang dapat memantau absensi semua pegawai mereka dalam satu sistem. Selain itu, data pegawai yang didapatkan dari aplikasi absensi ini juga sangat akurat.

  • Kekurangan

Jika sebuah sistem atau aplikasi harus menggunakan internet untuk menjalankannya, maka tidak stabilnya koneksi pastinya menjadi kendala utama sistem tersebut. Jika koneksi internet sedang down maka hal ini membuat sebuah perusahaan tidak dapat mengakses sistem ini dengan lancer, apalagi jika lokasinya terletak di daerah terpencil.

  • Cara menggunakan

Pertama tama, para staf IT dan pihak terkait ,melakukan peng-input-an data para pegawai beserta username dan password yang akan mereka pergunakan untuk mengakses absensi berbasis web. Kemudian, setelah sistem software siap dipergunakan dan para pegawai telah mengetahui data yang harus diinput untuk mengabsen, mesin absensi berbasis web kini dapat difungsikan. Para pegawaiyang dapat membuka komputernya dan mengakses aplikasi ini sebelum mereka mulai melakukan aktivitas harian mereka.

Untuk menggunakan sistem absensi ini, para pegawai harus memasukkan username dan password mereka setelah itu, data absensinya akan langsung masuk dan dapat dipantau oleh staf HR melalui komputer mereka masing-masing  atau alat komunikasi mereka seperti smartphone atau juga melalui tablet.

  • Mesin Absensi Biometrik


Jenis mesin absensi ini menggunakan sistem biometrik untuk mengautentifikasi pegawai ketika melakukan proses absensi. Biometrik merupakan sebuah teknologi yang biasanya digunakan pada bidang kesehatan untuk mengidentifikasi manusia dengan melihat atau mendeteksi karakteristik tertentu yang ada pada diri manusia itu sendiri. Adapun, karakteristik yang diidentifikasi menggunakan sistem biometrik ini bisa saja berupa suara, mata, bentuk wajah dan juga melalui sidik jari.

  • Kelebihan

Mesin absensi ini mudah untuk digunakan, para  pegawai hanya cukup berdiri di depan mesin absensi atau dengan menggunakan suara untuk melakukan aktivitas absensi. Selain itu, mesin absensi ini juga memiliki tingkat keakuratan yang tinggi karena mengidentifikasi karakteristik setiap pegawai satu persatu. Disamping itu, kapasitas yang dimiliki oleh mesin absensi biometrik juga cukup banyak.

  • Kekurangan

Dengan memiliki fitur yang canggih tersebut membuatsistem absensi biometrik ini memiliki harga yang mahal. Oleh karena itu, hanya beberapa perusahaan menengah ke atas saja yang mampu membeli mesin absensi ini. Selain itu, proses identifikasi pegawai dengan menggunakan sistem biometrik cenderung ditemui beberapa masalah atau error. Seperti contohnya, karakteristik wajah yang lamban diproses dan bahkan tidak bisa diidentifikasi oleh mesin padahal pegawai telah terdaftar di perusahaan tersebut.

  • Cara menggunakan

Setiap pegawai akan di data setiap karakteristiknya  yang kemudian diinput terlebih dahulu ke dalam sistem software melalui komputer. Setelah itu, mesin absensi biometrik ini diletakkan didekat pintu masuk kantor atau ruangan tertentu. Para pegawai akan mendata kehadiran dirinya dengan cara menunjukkan karakteristik tertentu yang disyaratkan pada mesin absensi tersebut dan kemudian data yang masuk ke dalam sistem akan diproses lebih lanjut ke komputer.

  • Mesin Absensi Sidik Jari


Sidik jari adalah salah  satu bagian dari tubuh manusia yang unik dan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, hal ini membuat mesin absensi sidik jari diciptakan. Selain itu, ternyata mesin absensi sidik jari juga telah digunakan oleh banyak perusahaan sejak tahun 1997 di banyak perusahaan.

  • Kelebihan

Salah satu hal yang disukai banyak orang dari mesin absensi ini adalah cara penggunaannya yang mudah, para pegawai cukup menempelkan jarinya ke mesin absen tersebut. Selain itu, mesin ini juga memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dan juga kapasitas penyimpanan data yang besar.

  • Kekurangan

Ketika para jari pegawai tersebut kotor atau basah, maka proses absensi aku lumyan sulit untuk dilakukan.

  • Cara menggunakan

Sama seperti mesin yang lain, mesin absensi fingerprint akan mendata dan mendaftarkan sidik jari masing-masing karyawan beserta identitas lainnya seperti nama dan nomor pegawai ke dalam sistem sebelum dapat digunakan. Setelah itu, para pegawai dapat menggunakan mesin absensi dengan menempelkann jari mereka pada scanner yang ada. Setelah itu, software yang telah terintegrasi akan memproses data yang masuk lebih lanjut dan kemudian dapat dilihat dengan menggunakan komputer oleh kepala bagian dan karyawan HR untuk memantau kehadiran para pegawai di perusahaan tersebut.

Setelah mengetahui lebih dalam tentang kelebihan, kerkurangan dan cara pemakaian dari setiap jenis mesin absensi, Anda pastinya sudah memiliki gambaran tentang jenis mesin absensi seperti apa yang cocok untuk perusahaan Anda. Namun, terdapat banyak sekali brand untuk setiap jenis mesin absensi. Untuk memudahkan Anda memilih mesin absensi yang tepat, Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan cara memasukkan email dan menekan tombol download di bawah ini.

2. Tiga Ciri Mesin Absensi Terbaik


Ketika Anda ingin membeli mesin absensi terbaik untuk bisnis Anda, maka Anda harus mengetahui beberapa hal agar tidak salah membeli mesin tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membaca beberapa informasi terkait kelebihan dan juga kekurangan setiap mesin absen serta beberapa informasi penting lainnya. Pada saat ini,terdapat banyak bisnis yang menjual mesin absensi karena fungsinya sangat penting untuk setiap perusahaan. Salah satu fungsi penting mesin absensi yang paling dicari adalah para pegawai tidak dapat memanipulasi absensinya ketika menggunakan mesin absensi tersebut.

Untuk mengetahui bagimana cara menentukan mesin absensi yang terbaik untuk perusahaan Anda, berikut ini terdapat tiga ciri mesin absensi terbaik yang dapat Anda pelajari sebelum membeli:

  • Dilengkapi dengan Fitur dan Spesifikasi yang Anda Butuhkan

Setiap perusahaan pastinya ingin memiliki mesin absensi yang berkualitas. Oleh Karen itu,pilihlah mesin absensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hal ini karena, terdapat banyak tipe mesin absensi yang dijual di pasaran dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda antara satu dengan yang lain. Dikarenakan hal tersebut, maka Anda harus memilih mesin absen dengan fitur dan spesifikasi yang sangat Anda butuhkan demi menunjang proses absensi di perusahaan Anda.

  • Harga yang Terjangkau

Untuk permasalahan harga,  Anda dapat bertanya secara langsung  kepada pihak penjualnya. Hal yang perlu Anda ingat adalah sesuaikan harga mesin absensi yang ingin Anda beli dengan anggaran keuangan Anda. Jika hal ini Anda lakukan, Anda pun bisa benar-benar membeli dan memiliki mesin absensi yang terbaik. Setelah itu, pasang dan aplikasikan mesin absensi tersebut agar bisa bermanfaat bagi perusahaan Anda.

  • Memiliki Lisensi

Pilihlah mesin absensi yang diproduksi oleh perusahaan yang sudah mempunyai reputasi bagus di bidangnya, sehingga kualitas mesinnya sudah terjamin. Tak hanya itu, mesin absensi yang Anda beli haruslah memiliki tingkat keamanan yang tinggi serta kenyamanan yang terjamin ketika dipakai oleh para pegawai di perusahaan Anda . Akan tetapi, satu hal yang terpenting yaitu mesin tersebut tidak mudah rusah dan memiliki jaminan garansi resmi dari pabrik dan distributornyaa. Beberapa faktor tersebut dapat menjadi satu kesatuan dalam sebuah lisensi resmi.

3. Cara Memilih Mesin Absensi Terbaik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan


Setelah Anda mengetahi tentang  beberapa ciri mesin absensi terbaik, maka sekarang adalah beberapa poin yang lebih  mendalam tntang memilh mesin absensi terbaik untuk meingkatkan kedisiplinan karyawan di perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat Anda pelajari:

  • Sesuaikan Harga Mesin Absensi dengan Anggaran yang Anda Miliki

Pada saat ini, terdapat banyak sekali penjual mesin absensi di pasaran, namun, tidak semuanya memiliki spesifikasi serta fitur yang Anda inginkan dan juga harga yang bervariasi. Tidak semua penjual menawarkan harga yang sesuai dengan anggaran perusahaan Anda. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dengan cara menyesuaikan anggaran yang ada, Anda dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan beberapa penyedia jasa penjual mesin kasir yang berkualitas untuk menemukan mesin absensi yang sesuai dengan anggaran persahaan Anda.

  • Mengenali kebutuhan perusahaan Anda

Ketika Anda ingn mendapatkan mesin absensi terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda, Anda harus mengenali apa yang Anda benar benar butuhkan dengan lebih spesifik. Beda kebutuhannya, beda pula mesin absensinya. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba beberapa trik berikut:

  • Cari Tahu Apa Tujuan Mesin Absensi di perusahaan Anda?

Salah satu hal terpenting yang harus Anda pikirkan  adalah apa tujuan Anda membeli mesin absensi tersebut. Apakah hanya digunakan untuk mencatat daftar kehadiran saja? Atau Anda juga ingin menghitung daftar kehadiran para pegawai Anda secara detail? Seperti contohnya, menghitung berapa waktu keterlambatan, kelebihan waktu istirahat, atau berapa hari izin dan bolos kerja. Selain itu, mungkin Anda juga membutuhkan mesin absensi yang mampu untuk merekap daftar kehadiran para pegawai dan mengintegrasikannya ke sistem penggajian di perusahaan atau kantor Anda. Dengan begitu, ketika para pegawai kedapatan tidak masuk kerja secara sengaja,maka  jatah gaji mereka akan otomatis terpotong sesuai peraturan yang diterapkan di perusahaan Anda.

Ketika Anda sudah memikirkan tentang beberapa faktor tersebut, maka Anda dapat memilih mesin absensi biometrik yang telah dilengkapi dengan fitur penggajian. Denganbegitu, aktivitas absensi akan sulit untuk dipalsukan dan jga data penggajian akan secara otomatis terkalkulasi dengan sistem yang ada. Namun, ketika tujuan Anda membeli mesin absensi adalah untuk memantau pekerja lapangan, maka jenis mesin absensi yang cocok untuk Anda adalah tipe time track. Hal ini karena, mesin absensi jenis ini mampu untuk memantau kinerja para pegawai Anda di lapangan secara real time.

  • Memperhitungkan jumlah pegawai di perusahaan Anda

Selain menentukan tujuan dari kegunaan mesin Absen untuk perusahaan Anda, Anda juga harus memperhitngkan jumlah pegawai yang ada agar menemukan mesin absen yang tepat. Pada umunya, mesin absensi memiliki kapasitas user yang bervariasi.  Terdapat beberapa pilihan kapasitas absensi yang dapat Anda pilih sesuai jumlah karyawan Anda. Ada yang bisa menampung 50-100 orang, lebih dari 500 orang, bahkan di atas 50.000 orang. Oleh karena itu, jika pegawai Anda hanya berjumlah 100-200 orang, maka Anda tidak perlu membeli mesin absensi dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari angka tersebut.

  • Memperhatikan Beberapa Fitur yang Ditawarkan

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut maka sekarang pastinya Anda memiliki gambaran tentang mesin absensi seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Seperti contohnya, Anda akan memilih mesin absensi dengan jenis time track karena Anda memiliki banyak pegawai yang bekerja yang terjun langsung di lapangan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui juga bahwa sekarang terdapat banyak sekali merk mesin absensi time track yang dijual di pasaran. Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih memilih, maka Anda harus memperhatikan beberapa fitur yang dimiliki oleh mesin absensi tersebut.

Konektivitas mesin adalah salah satu fitur penting yang harus Anda perhatikan. Koneksi dengan mesin absensi karyawan menjadi sangat penting ketika hasil laporan absensi karyawan dibutuhkan setiap bulannya. Satt ini, ada banyak mesin absensi yang telah menggunakan TCP/IP dan juga sistem koneksi USB.

Selain itu, Anda harus memperhatikan fitur cloud yang ada pada mesin tersebut, sehingga dapat memantau aktivitas absensi para pegawai dari mana saja dan juga kapan saja.

Tak hanya itu, software payroll yang terintegrasi dengan baik juga harus Anda pikirkan. Apakah mesin absensi yang ingin Anda beli terintegrasi dengan software penggajian atau tidak. GHal ini karena, software payroll dapat memudahkan Anda dalam menghitung gaji para pegawai secara otomatis yang berdasarkan absensi mereka.

  • Mendapatkan Layanan Purnajual yang Terbaik

Salah satu cara terakhir yang wajib untuk dilakukan adalah pastikan Anda memiliki mesin absensi yang dilengkapi dengan layanan purnajual yang terpercaya. Hal ini sangat penting karena mesin absensi tidak hanya sebuah inventaris biasa yang sekali pasang langsung selesai. Dibutuhkan training, instalasi dari tim teknisi, serta juga layanan maintenance ketika mesin absensi yang Anda beli tiba tiba terjadi permasalahan.

Dikarenakan hal tersebut, Anda dituntut untuk teliti ketika memilih brand dari mesin absensi yang ada dan juga pilihlah mesin absensi atau penjual yang menawarkan layanan purnajual terbaik. Untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan purnajual yang ditawarkan suatu penyedia mesin absensi, Anda bisa mengunjungi website resminya dan menulusuri kolom informasi, testimoni, dan beberapa poin penting yang ada.

4. Manfaat Menggunakan Mesin Absensi untuk Perusahaan Anda


Mesin absensi memiliki banyak sekali manfaat ketika Anda mengaplikasikannya pada perusahaan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 manfaat menggunakan mesin absensi untuk perusahaan Anda:

  • Mencatat Waktu Absensi dengan Sangat Akurat

Salah satu manfaat dasar yang akan Anda dapatkan ketika mengaplkasikan mesin absensi di perusahaan Anda adalah mesin ini mampu memberikan laporan catatan dengan sangat akurat, mulai dari jam kedatangan, jam istirahat, jam pulang hingga jam shift para pegawai Anda dengan sangat praktis.

Tak hanya itu, data absensi ini jug akan secara otomatis tersimpan di database mesin absensi, sehingga akan memudahkan pengelola absensi untuk membuat laporan hanya  dengan meng-unduh data menggunakan USB flash drive dari mesin tersebut sehingga tidak harus melakukannya secara manual.

  • Mencegah Kecurangan

Mengaplikasikan mesin absen pada perusahaan Anda dapat mencegahnya terjadinya kecurangan (menitip absen) yang dilakukan oleh pegawai Anda. Kecurangan ini sering kali ditemui dan dilakukan oleh para pegawai ketika sebuah perusahaan masih menggunakan metode absensi manual. Jika hal ini terjadi maka perusahaan Anda akan mengalami kerugian jika terjadi dalam waktu yang lama. Namun, ketik Anda beralih menggunakan mesin absensi, maka kecurangan ini dapat dihentikan. 

  • Memudahkan Menghitung Gaji dan Pencatatan Bonus

Dengan mengaplikasikan mesin absensi, Anda bisa mendapatkan informasi data yang akurat terkait kalkulasi gaji serta uang lembur yang akan diterima seorang pegawai sesuai dengan waktu kerjanya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengurangan gaji karena bolos kerja, cuti, atau sakit ketika seorang pegawai tidak tepat waktu, membolos, dan lain sebagainya.Sistem bonus tiap bulannya juga dapat Anda hitung dengan memanfaatkan data dari mesin absensi ini dengan sangat mudah.

  • Mengontrol Akses Pintu 

Salah satu fitur yang dimiliki oleh mesin absensi adalah akses kontrol pada ruangan di perusahaan Anda. Seperti contohnya, ruangan khusus yang menyimpan dokumen penting atau untuk tujuan lainnya juga bisa menggunakan fitur khusus ini, hal ini dapat memantau siapa yang masuk ruangan tersebut dengan mudah.

  • Menghemat Waktu dan Kertas

Aktvitas absensi dengan menempelkan jari atau pendeteksi wajah pada mesin ini  akan dihitung secara cepat. Hal ini berbeda dengan metode absensi manual yang tidak efisien. Selain itu, ketika menggunakan mesin absensi yang modern, Anda juga secara tidak langsung berpartisipasi untuk menghemat kertas sebagai upaya mengurangi konsumsi kayu untuk pembuatan kertas. Tak hanya itu, memanfaatkan mesin absensi digital atau yang lebih modern (sidik jari, biometric, dan lain sebagainya), maka sebuah perusahaan sudah ikut menerapkan konsep go green, dan juga ramah lingkungan.

  • Sangat Praktis

Mesin absensi terbaru (sidik jari, biometric, dll)  memiliki bentuk yang sangat praktis dan mudah dibawa kemana saja. Anda tidak memerlukan  ruang khusus yang besar untuk meletakkanya. Perusahaan hingga instansi dapat meletakkan alat ini pada tembok-tembok, tanpa harus menyediakan ruang khusus dan juga dapat anggaran perusahaan.

  • Menghindari Terjadinya Human Error

Mesin absensi dengan teknologi terkini mampu untuk mencegah terjadinya human error yang akan merugikan perusahaan Anda, khususnya pada  proses input jam absensi secara manual ke dalam database (buku). Dengan mengapliklasikan mesin absensi yang terkini, Anda dapat merasa tenang karena data yang diperoleh akurat dan juga terjadinya human eror dapat dihindari.

Itulah beberapa panduan tentang memilih mesin absensi terbaik untuk perusahaan Anda. Semoga dengan panduan tersebut Anda dapat menemukan mesin absensi dengan spesifikasi, harga, dan juga fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Mesin absensi sangat penting karena dapat memudahkan pengelolaan gaji, bonus, dan juga hal lain yang terkait dengan kepegawaian Anda. Dikarenakan beberapa faktor tersebut, mesin absensi dianggap oleh banyak orang sebagai sebuah investasi yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan.