Printer Multifungsi

Kun Hery

Printer multifungsi (printer all in one) merupakan teknologi printer yang mampu melakukan banyak tugas seperti fotokopi, scanner, fax, dan email dalam satu printer. Jenis printer ini sangat dibutuhkan oleh berbagai kantor dengan kemudahan fungsi yang diberikan, para pengguna dapat menghemat waktu untuk bekerja di dalam kantor dari pada memanfaatkan jasa fotokopi, scanner di luar yang dapat memakan tenaga serta biaya.

Printer Multi Fungsi

Dari segi keunggulan, printer multifungsi sangat memberikan kemudahaan. Namun bagi konsumen setidaknya harus cermat dalam memilih sebuah printer yang tidak mudah panas dan awet. Beberapa permasalahan yang paling umum terjadi pada printer adalah ketahanan waktu penggunaan, dan berakibat tidak dapat beroperasi kembali. Untuk mengetahui tersebut, anda bisa menanyakan langsung kepada pihak penjual karena setiap spesifikasi tertentu memiliki daya tahan tersendiri. Kami juga menyediakan berbagai printer multifungsi dari kebutuhan rumahan, industri kecil, hingga instansi besar diantaranya :

Printer Multifungsi Canon Pixma G2000 Ink Tank

 

Printer Multifungsi Canon Pixma G2000 Tank ini dipastikan memuaskan. Teknologi sistem tinta hybird Canon yang disematkan.

Printer All in One Brother MFC-J3720 A3 Dual Tray

 

Printer All in One Brother MFC-J3720 A3 Dual Tray dilengkapi dengan kemudahan mencetak, memindai, mengkopi hingga mengirim faksimile untuk dokumen berukuran A3

Printer Multifungsi All In One Epson Printer L360 Hitam

 

Epson Printer L360 pilihan printer untuk kantor atau rumahan dengan dapat menumpuk kertas sekali print hingga 100 lembar

Printer Multifungsi All In One Canon Pixma E410

 

Printer Multifungsi Brother DCP-T300 Refill Tank sangat cocok bagi anda yang membutuhkan printer dengan jumlah pencetakan harian banyak dengan fitur penghemat tintanya

Printer Multifungsi All In One HP Deskjet 2135 Printer A4

 

Printer HP Deskjet 2135 adalah pilihan printer all in one untuk rumahan dan sangat cocok untuk mahasiswa yang membutuhkan cetakan ribuan dengan fitur pelengkap seperti scanner, dan  fotocopy  

Printer Multifungsi Brother DCP-L2450DW Auto Duplex

 

Printer Multifungsi BROTHER DCP-L2540DW Auto Duplex dilengkapi dengan kemampuan konektifitas dengan nirkabel dan Duplex Printing yang menghasilkan cetakan kualitas tinggi

 

Berbagai merk jenis printer multifungsi terbaik diatas, kami tawarkan kepada anda untuk membantu membuat lebih mudah dalam menentukan printer dengan merk seperti canon, epson, brother, HP, Fuji Xerox dan lainnya. Anda dapat mengunjungi produk printer seri lain di katalog Printer dan Scanner, yang mungkin dapat dijadikan pilihan selain diatas. 

Keunggulan Produk Kami garansi

Setiap produk dari printer memiliki garansi resmi yang dapat diajukan klaim dengan mudah, garansi meliputi hardware yang dibelinya, tidak termasuk spare part, aksesoris ataupun stiker. Kami juga menyediakan layanan bantuan klaim atau konsultasi yang mudah di hubungi pada jam kerja.


Tips Menentukan Printer Multi Fungsi Terbaik

Secara keseluruhan merk, kinerja printer multifungsi memiliki daya tahan sendiri yang telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan rumah, kantor atau industri besar. Printer juga hadir dalam bentuk, ukuran, dan kualitas yang berbeda, maka bagi anda kenali dahulu kebutuhan sehingga dapat dijadikan acuan untuk memilih harga printer dan kualitas yang sesuai, berikut diantara :

 1. Berapa Banyak Kebutuhan Mencetak Anda

Apakah anda yang selalu memakai printer dengan kebutuhan yang cukup banyak atau sedikit ? hal ini sangat memudahkan pilihan utama untuk menentukan printer yang tepat. Beberapa merk printer memiliki kapasitas cetak yang cukup besar dengan sedikit maintenance seperti HP Deskjet GT 5810 yang mencapai hingga 8000 halaman dan bila anda membutuhkan printer dengan daya cetak perhari kisaran ratusan, bisa menggunakan printer Epson L Series. Dari segi harga, printer dengan kapasitas cetak yang besar akan memiliki harga yang mahal sedangkan dengan daya cetak yang kecil memiliki harga yang cukup terjangkau. Anda bisa menentukan sendiri kebutuhan printer, dan bila kebutuhan untuk perusahaan direkomendasikan pilih kuantitas cetak yang tinggi.

2. Tentukan Kualitas Percetakan Yang Anda Butuhkan

Jika anda ingin mencetak grafik dan foto berkualitas, anda mungkin perlu mempertimbangkan pemilihan printer lebih lanjut yang menawarkan spesifikasi atau fitur lebih tidak sekedar cetakan melainkan pewarnaan yang berkualitas dan profesional. 

Walaupun memang dalam semua printer dapat mencetak foto dengan kualitas warna yang tajam, akan tetapi hasil sangat berbeda dengan fitur photo pada printer. Hal ini akan terlihat bila anda sedang berprofesi menjadi fotografi, desainer ataupun jasa percetakan banner.

Beberapa seri printer yang memiliki kualitas percetakan yang sangat baik seperti Epson Stylus Photo, Epson Photo, dan Canon Selphy. Namun bila anda ingin mendapatkan kualitas cetakan yang biasa, anda tidak perlu memikirkan pilihan printer karena setiap printer memiliki standar kualitas percetakan pada umumnya.

3. Kebutuhan Sambungan Nirkabel

Kebutuhan fitur sambungan nirkabel sangat diperlukan bagi perusahaan tentunya, printer nirkabel memberikan kemudahan dalam terhubung printer dalam koneksi yang cukup jauh, pengguna dapat mencetak berbagai dokumen secara langsung di komputer ataupun gadget dan tinggal menunggu hasil jadi di ruang khusus printer.

Print nirkabel juga tentunya sangat cocok disekolah, dimana guru tidak perlu datang langsung ke printernya saat jam pembelajaran dan hanya perlu menghidupkan laptop untuk menyambungkan ke server printer, dilanjutkan dengan mencetak dokumen dari jauh. 

Salah satu produknya seperti printer multifungsi HP officejet 8610 Pro, namun bila anda tidak membutuhkan jaringan nirkabel dari printer sebaiknya diabaikan saja dikarenakan fitur tambahan tersebut akan meningkatkan harga printer.


4. Kemudahaan Isi Ulang Tinta

Printer infus juga akan dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan yang perlu dipertimbangkan, berbagai produk merk tertentu terkadang tidak mengintegrasikan infus dan diharuskan untuk memasang infus luar. Biaya pasang infus tinta dari luar juga akan memakan biaya pemasangan sekaligus biaya maintenance, dikarenakan infus yang dimodifikasi dari luar menyebabkan frekuensi catridge lebih rentan rusak, merusak garansi dan tatanan printer yang cukup kurang bagus.

Manfaat utama printer infus adalah pengisian tinta yang cukup mudah, dengan menuangkan ke dalam wadah tangki tinta-nya. Disarankan sekali, anda memilih printer multifungsi yang memiliki wadah yang terintegrasi (tanpa melakukan modifikasi). Salah satu produknya seperti printer all-in-one HP deskjet GT series, Printer all in one Epson L Series, printer canon multifungsi G series.


Rekomendasi Dan Perawatan Setelah Pembelian Printer Multifungsi

Sebagian besar pengguna sering kali mengabaikan perawatan printer setelah pembelian. Padahal, perawatan adalah salah satu cara agar membuat printer bertahan hingga puluhan tahun tanpa mengurangi kinerja mesin printer. Mengingat printer all in one memiliki spare part yang cukup mahal, maka disarankan sekali melakukan maintenance setiap bulan atau 3 bulan sekali.

1. Gunakan Printer Secara Rutin

Bila anda memilih sebuah printer multifungsi dengan kapasitas percetakan yang tinggi sebaiknya gunakan minimal 2 hari sekali, atau sangat direkomendasikan gunakan setiap hari. Hal ini akan mengurangi pembekuan tinta pada catridge, sedangkan bila catrige mengalami pembekuan tinta maka printer secara otomatis tidak bisa mencetak, dan bila dipaksa mencetak hasil kurang maksimal.

2. Gunakan Ketebalan Kertas Yang Tepat

Beberapa spesifikasi printer multifungsi hanya mampu mencetak ketebalan kertas tertentu seperti ukuran tebal kertas ketebalan folio, a4 saja, bila anda paksakan maka akan mengakibatkan resiko rusaknya karet penarik pada printer. Setidaknya konsultasikan kepada

3. Jangan Membiarkan Tangki Tinta Infus Kosong

Seringnya printer di pakai dan membiarkan tangki hingga kosong menyebabkan kapas cartridge semakin mengering. Beberapa resiko cartridge yang sudah mengering diantaranya seperti hasil cetakan yang tidak bagus, cetakan yang putus putus dan dalam kondisi parah, cartridge tidak bisa menyemprotkan tinta ke kertas. 

Mengingat resiko kerusakan cartridge memang perlu di perhatikan, dikarenakan rata rata cartridge hampir seperti harga printer. Setidaknya, untuk perawatan yang paling mudah adalah tidak membiarkan tangki infus menjadi kosong.

4. Berikan Jeda Waktu Berhentinya Mencetak Kertas

Bagi perusahaan instansi besar, printer sering kali digunakan untuk mencetak dokumen tiap menitnya. Printer merupakan perangkat elektronik, bila sering digunakan tanpa memberikan jeda 5 menit per +- 500 cetakan dapat menyebabkan mesin pada printer cukup panas.