Cara Mengatasi Karyawan yang Sering Terlambat

Muhamad Amirullah


Ketika membangun sebuah bisnis atau perusahaan, pastinya Anda ingin bisnis tersebut meraih kesuksesan. Namun, untuk meraih kesuksesan tersebut terdapat banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah memiliki karyawan yang kuat dan bersemangat. Hal ini harus Anda miliki jika ingin bisnis yang sedang dijalankan agar tumbuh dan berkembang. Ini berarti bahwa karyawan yang Anda pilih untuk dipekerjakan haruslah dapat di didik agar dapat menunjang keberhasilan bisnis Anda dan ini terutama berlaku bagi para karyawan yang memiliki etika kerja yang buruk.  Pada saat ini, salah satu masalah paling umum yang dimiliki oleh setiap bisnis atau perusahaan adalah keterlambatan karyawan. Jika karyawan mulai sering terlambat bekerja, maka beberapa tindakan harus Anda lakukan untuk melindungi perusahaan dan meningkatkan etos kerja di antara tim.

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda pasti memiliki asumsi jika karyawan Anda terlambat karena beberapa alasan seperti jadwal kereta yang terlambat, mobil mereka mogok, atau mereka mungkin memiliki masalah darurat yang tidak dapat ditinggalkan. Apa pun penyebab keterlambatan tersebut, pemilik bisnis masih dapat menerima alasan tersebut jika dilakukan sesekali. Namun, para manajer dan pemilik bisnis tidak dapat menerima situasi ini jika karyawan terus-menerus terlambat bekerja.  

Jika Anda memperhatikan bahwa seorang karyawan terus-menerus datang terlambat, hal ini harus ditangani dengan cepat, jika tidak, karyawan yang bersangkutan mungkin berpikir bahwa ini bukan masalah dan menganggap jika keterlambatan merupakan masalah yang biasa. Selain itu, jika karyawan sering terlambat, hal ini dapat membuat karyawan yang lain mulai berpikir mengapa mereka repot-repot tiba untuk bekerja tepat waktu, dan akhirnya  menular ke karyawan yang lain. Masalahnya mungkin tidak berakhir hanya sampai di sini, para karyawan mungkin menjadi lebih santai dengan aturan perusahaan dan Anda mungkin menemukan bahwa kualitas kerja dan etika kerja tim secara keseluruhan mulai menurun.

Jika hal ini terjadi, para pemilik bisnis atau manajer harus membayar para karyawan untuk lembur agar semua pekerjaan dapat diselesaikan. Oleh karena itu, jika seorang karyawan tiba terlambat, maka secara tidak langsung mereka dianggap mencuri waktu dari perusahaan. Karyawan yang terlambat akan membuat pekerjannya terlambat untuk memenuhi deadline. Selain itu, keterlambatan karyawan dapat menyebabkan ketegangan dengan kolega lainnya karena anggota tim yang bekerja bersama karyawan yang terlambat mungkin harus melakukan lebih banyak pekerjaan untuk menutupi kekurangan rekan kerja mereka yang dapat menyebabkan emosi. Sebuah tim akan bekerja secara efektif ketika mereka bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi karyawan yang sering terlambat berikut:

1. Mendengarkan dengan Baik

Sebelum mulai memarahi karyawan Anda karena terlambat datang ke kantor, pastikan Anda mendengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan. Beri karyawan Anda kesempatan untuk menjelaskan alasannya sehingga Anda dapat menyarankan solusi yang sesuai. Berdasarkan reaksi karyawan, arahkan percakapan Anda ke arah solusi permasalahan tersebut dengan penuh perhatian dan kesopanan.

Namun, terdapat hal yang perlu untuk Anda perhatikan ketika ingin berbicara dengan karyawan Anda yang terlambat. Kapan pun Anda memutuskan ingin mendiskusikan lebih mendetail tentang keterlambatan mereka, pastikan Anda memilih tempat yang tepat. Jangan membicarakan permasalahan tentang karyawan tersebut di kafetaria atau tempat umum di mana orang lain dapat melihat Anda akan membangkitkan rasa ingin tahu dan hal ini dapat membuat malu karyawan Anda. Ingat ,karyawan adalah asset berharga bagi bisnisi Anda dan karenanya pilihlah area atau lokasi yang tidak terlalu banyak orang agar dapat menghindari beberapa hal tersebut.

2. Membuat Peraturan yang Jelas 

Tidak ada aturan yang mudah dan cepat untuk mengatasi seorang karyawan yang selalu terlambat, setiap pemilik bisnis memiliki cara yang berbeda seperti setiap karyawan yang memiliki permasalahan dan situasi pribadi mereka yang berbeda pula. Namun, terdapat beberapa langkah yang harus Anda ambil jika Anda ingin mengatasi karyawan yang selalu datang terlambat dan mengubah kebiasaan mereka ini selamanya, salah satunya adalah dengan membuat peraturan yang jelas.

 

Membuat peraturan yang dapat membuat efek jera para karyawan yang terlambat merupakan hal yang cukup efektif. Peraturan ini haruslah memiliki beberapa poin di bawah ini:

  •  Beberapa standar yang diharapkan dari seorang karyawan seperti rincian jam kerja, dan juga jadwal shift yang jelas.

  •  Prosedur untuk melaporkan keterlambatan: jika karyawan tahu mereka akan terlambat, mereka harus lapor ke bagian mana?

  • Detail tentang bagaimana waktu kerja akan dilacak dan dicatat: apakah Anda menggunakan sistem kerja remote (jarak jauh) atau apakah karyawan perlu secara fisik datang ke tempat kerja?

  • Mencantumkan cara bagaimana karyawan dapat mengganti waktu mereka yang hilang ketika datang terlambat.

  • Tindakan disipliner potensial apa yang mereka dapatkan ketikak keterlambatan secara terus-menerus.

Pastikan juga peraturan ini untuk dikomunikasikan kepada semua karyawan dan dilaksanakan secara adil di perusahaan Anda. Jika ini adalah sesuatu yang baru bagi perusahaan Anda atau jika Anda memiliki masalah tertentu dengan keterlambatan karyawan, maka pertimbangkan untuk menjalankan pembekalan atau seminar singkat bagi karyawan untuk menyoroti dampak keterlambatan bagi siklus kerja dan perkembangan bisnis Anda.

3. Memanfaatkan Teknologi Mesin Absensi

Dengan jaman yang semakin maju, maka secara otomatis aktivitas absensi di sebuah perusahaan juga semakin mudah karena dapat memanfaatkan mesin absensi. Mesin absensi ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi kehadiran karyawan secara efektif. Para karyawan cukup menempelkan jarinya pada scanner (jika menggunakan mesin absensi sidik jari) atau menempelkan kartu identitasnya (jika menggunakan mesin absensi magnetic card) dengan cepat. Kemudian, mesin ini juga dapat membantu perusahaan Anda untuk menentukan bonus, penggajian, dan juga penalty berdasarkan data kehadiran karyawan. Hal ini membuat karyawan lebih menghargai waktu karena jika mereka terlambat maka mereka akan menerima konsekuensi berupa pemotongan gaji dan juga ketika mereka selalu datang tepat waktu, maka mereka akan mendapatkan bonus.

Datang terlambat ke kantor adalah masalah yang dapat memiliki efek yang besar pada bisnis Anda. Seorang karyawan yang terlambat dapat membebani waktu dan uang perusahaan, serta menyebabkan penurunan kinerja tim yang lain. Jangan sampai membiarkan permasalah ini berlanjut, penting untuk bersikap proaktif dan mencari solusi permasalahan ini. Ketika seseorang datang tepat waktu ke kantor dapat membantu menciptakan suasana kerja yang lebih positif dan produktif.