Cara Mengatur Keuangan Restoran dengan 4 Tips Sederhana

Kun Hery


Kesuksesan dunia bisnis restoran terletak pada keuntungan yang meningkat. Makanan dan minuman yang diperjualbelikan membuat sebuah arus keluar masuk keuangan restoran anda. Pemilik restoran perlu mengetahui sistem akuntansi keuangan, melacak pengeluaran, penggajian karyawan, bahan makanan, minuman dan lainnya untuk membuat bisnis dapat bertahan dalam waktu yang lama. Berikut ini 4 tips sederhana untuk mengatur keuangan restoran :

Melacak Semua Arus Keuangan Setiap Saat Di Restoran Anda

Pada dasarnya, setiap bisnis restoran berusaha untuk meraup income yang lebih besar daripada pengeluarannya. Ketika setiap bisnis mampu menerapkan income yang cukup besar, maka akan membuat perusahaan akan terus bertahan dan berkembang. Sebagai pemilik restoran,  diwajibkan untuk memantau keuangan setiap hari total pendapatan, biaya bahan, pendapatan kotor, arus kas, dan laporan keuangan lainnya.

Diperlukan suatu software akuntansi untuk mengatur arus keuangan setiap waktu, tanpa perlu kedatangan langsung pengelola ke restorannya. Kegagalan pebisnis restoran sebagian besar terletak pada kurangnya pemantauan anggaran dan terlambat dalam evaluasi, hal ini dikarenakan laporan yang diterima tidak setiap waktu, melainkan mingguan, atau bahkan bulanan.

Software akuntansi berbasis could adalah salah satu software rekomendasi untuk menata ulang akuntansi di bisnis kuliner anda, penerimaan laporan keuangan dapat dilakukan setiap penjualan, dan pengeluaran. Pengelola restoran dapat  mengakses secara langsung melalui komputer dan melakukan evaluasi secara tepat dalam mempertimbangankan kembali profit yang didapat. Untuk informasi lebih, anda dapat mengakses langsung ke halaman software akuntansi berbasis cloud.

Memahami Bagaimana Penjualan Dan Penghasilan Di Restoran Anda

Anda mungkin dapat mengontrol statistik keuangan anda, namun pengelola tidak mengetahui proses penjualan seperti prospek, hingga after sales. Perlunya internal control bagi pengelola sangat diperlukan untuk manajemen kegiatan usahanya.

Fungsi utama adalah mengontrol, mengatur, mengembangkan, dan mengevaluasi proses penjualan makanan di setiap restoran, dengan kata lain statistik keuangan anda sangat berkaitan dengan proses penjualan. Bila proses penjualan anda yang terekap berdasarkan informasi dapat anda evaluasi dan dikembangkan secara terstruktur tanpa menunggu data dari supervisor.

Pebisnis sebaiknya mengetahui sistem ERP dalam mengelola sumber daya pada restoran, yang memiliki tujuan utama untuk merangkum proses bisnis sehingga menunjang perusahaan agar menjadi lebih kompetitif. Pengelola restoran dapat menerapkan sistem ERP dalam bentuk seperangkat aplikasi terintegrasi sehingga pengelolaan lebih mudah, untuk selengkapnya anda bisa berkonsultasi langsung dengan jasa implementasi odoo ERP.

Perhitungkan Modal Usaha

Sebagian pemilik restoran banyak melakukan kesalahan dalam keuangan memperhitungkan modal kerja dalam menjalankan restoran. Setelah anda mengetahui pendapat bulanan, simpan minimal 1 / 3 pendapatan bulanan untuk disimpan sebagai modal bila terjadi penurunan.

Gunakan Sumber Daya Pinjaman Dengan Bijak

Banyak sekali lembaga pemerintah ataupun swasta yang menyediakan jasa peminjaman dana keperluan bisnis anda. Bila anda melakukan peminjaman uang untuk bisnis, sebaiknya kelola keuangan anda secara baik dan dapat mengembalikan peminjaman sebelum jatuh tempo sehingga denda tunggakan pinjaman anda tidak membengkak.

Pengelola restoran sebaiknya mengawasi penuh terhadap keuangan, bila dalam statistik terus menerus mengalami defisit, artinya ada kesalahan dalam proses pengelolaan anda. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengevaluasi prosesnya melalui Sistem ERP dan usahakan jangan melibatkan hutang ke pihak perusahaan lain.