Software Apa Saja yang Diperlukan Perusahaan Retail?

Muhamad Amirullah

Perusahaan retail pada saat ini terlihat sangat jauh berbeda dari satu dekade yang lalu. Pada sekitar satu decade yang lalu, para pelanggan hanya memiliki pilihan tak terbatas, yang meningkatkan tingkat persaingan yang sudah ada di antara toko retail. Sementara itu, pada saat ini, dalam upaya untuk memahami permintaan dan pengiriman yang sesuai, perusahaan retail beralih ke beberapa software yang mampu untuk menangani transaksi lebih dari sekadar penjualan point-of-sale (PoS).

Pada saat ini, perusahaan retail tertarik dengan solusi komprehensif yang mengintegrasikan setiap aspek bisnis mereka, mulai dari memesan produk hingga mengantisipasi kebiasaan para pelanggan mereka. Saat Anda mempertimbangkan software mana yang paling mendukung kesuksesan bisnis retail Anda, berikut adalah software apa saja yang diperlukan perusahaan retail:

Software akuntansi

Akuntasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan retail, sehingga dengan mengantisipasi terjadinya human errors dapat menghemat waktu dan biaya yang akan dikeluarkan. Carilah solusi terintegrasi yang menggabungkan manajemen penjualan, pembelian, dan inventori dengan fitur akuntansi tradisional. Dengan menggunakan software akuntansi yang berkualitas, Anda dapat mengimpor data transaksi dan mudah untuk membuat rekaman pembelian yang dapat diaudit. Ini juga merupakan kunci bahwa Anda dapat mendokumentasikan aset dan kewajiban, biaya dan pendapatan, dan menghasilkan tampilan real-time dari laba kotor Anda.

Software CRM (Customer Relationship Management)

Software CRM dapat membantu Anda untuk memahami pelanggan dan kebiasaan membeli mereka, bagaimana mereka lebih memilih untuk berkomunikasi, kapan mereka cenderung membeli, dan apa yang cenderung mereka beli. Platform CRM yang terintegrasi dengan perangkat lunak retail (atau platform retail dengan CRM built-in) adalah cara terbaik untuk menghubungkan transaksi di dalam toko offline dan online dengan strategi pemasaran dan penjualan yang lebih besar.

Software SCM (Supply Chain Management)

Pada umumnya, setiap bisnis retail menggunakan kombinasi alat yang berbeda untuk mengelola manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management), yang dapat mencakup pengelolaan pesanan, pemenuhan, pengelolaan gudang, pengembalian barang, dan fungsi lainnya. Beberapa bisni retail memilih software yang memiliki fitur all-in-one, sementara yang lain memilih satu atau dua solusi mandiri. Jika Anda dapat menemukan solusi retail / akuntansi dengan beberapa fitur yang ada di dalamnya, Anda akan menghemat uang dan mempercepat beberapa proses SCM Anda dengan mempertahankan semuanya dalam sistem yang sama. Anda dapat mengidentifikasi kapan produk sedang rendah, dan bahkan drop-ship terjadi. Carilah produk yang menggabungkan data penjualan dan inventaris dengan fitur SCM dasar seperti manajemen pesanan dan pemenuhan.

Software pengelolaan inventaris

Ada banyak jenis produk untuk dijual dan cara menjualnya, jadi pelacakan inventaris memerlukan solusi yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Anda mungkin memiliki satu toko atau beberapa lokasi, gudang, dan produk yang bergerak di antara beberapa lokasi tersebut melalui beberapa mode transportasi yang berbeda. Jika Anda ingin meningkatkan profitabilitas dan menghemat biaya, cobalah untuk menemukan software intentaris atau software manajemen stok barang yang berkualitas untuk melacak persediaan (inventaris) Anda.

Software dengan kemampuan multichannel

Software retail yang dimiliki oleh bisnis Anda harus dapat secara otomatis memperbarui setiap saluran penjualan dengan informasi tentang produk apa yang tersedia. Hal ini terutama berlaku jika Anda mengelola situs e-commerce atau gabungan lokasi fisik dan virtual. Carilah software  yang bisa langsung mencadangkan pesanan baru sehingga Anda tidak akan berisiko menjual produk yang sama ke lebih dari satu orang, atau kehabisan stok secara bersamaan.

Software POS (Point of Sale)

Software yang satu ini tidak hanya bisa memberi pengalaman membeli yang lancar kepada pelanggan Anda, namun juga memberi tahu rekan bisnis Anda tentang informasi yang diperlukan untuk terlibat secara langsung. Software POS ini dapat memberikan informasi yang mencakup sejarah pembelian dan informasi pribadi pelanggan Anda. Fitur POS lainnya mungkin termasuk pemrosesan pembayaran, pemindaian kode batang (bar code), pembuatan laporan dan lain sebagainya.

Software analisis dan pelaporan

Data, terkadang, bisa menjadi sumber daya yang paling berharga. Bagi perusahaan retail dengan pengoperasian yang lebih besar, atau mereka yang ingin lebih mengidentifikasi tren, software analisis dan pelaporan dapat membantu memahami beberapa faktor yang dapat memperbaiki beberapa kesalahan yang membuat tingkat penjualan menurun. Temukan software analisis dan pelaporan yang mencakup fitur ini, sehingga Anda akan memiliki waktu lebih untuk membuat keputusan bisnis yang dapat meningkatkan kualitas perusaan retail Anda.

Itulah beberapa software yang dibutuhkan yang dibutukan perusahaan retail saat ini, Dengan memiliki software yang berkualitas, maka bisnis retail yang Anda jalankan akan lebih maksimal dan para pelanggan akan menerima pengalaman membeli yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Sebagi tambahan, selain membutuhkan beberapa software tersebut, bisnis retail Anda juga wajib untuk memiliki sebuah situs yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan sehingga mereka dapat mengetahui tentang produk terbaru dan juga diskon yang diberikan. Jika perusahaan retail Anda masih belum memiliki website, Anda dapat menyewa jasa pembuatan website yang berkualitas, atau jika Anda telah memiliki sebuah website maka Anda dapat menyewa perusahaan jasa perawatan dan optimasi website agar lebih sempurna.