Internet marketing dengan biaya murah

Di dunia di mana uang menjadi sebuah daya tarik utama, hal ini secara otomatis menciptakan sebuah persaingan yang ketat dalam menarik perhatian konsumen bisnis anda. Anda tidak hanya bersaing dengan beberapa perusahaan besar dengan departemen pemasaran yang didanai dengan baik, Anda juga bersaing dengan  beberapa perusahan yang memasarkan produk mereka  melalui media sosial dan lain sebagainya.

Namun itu tidak berarti Anda harus menghabiskan banyak uang atau terlalu dramatis untuk memasarkan produk anda dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Berikut adalah beberapa tips internet marketing dengan biaya yang murah:

Menciptakan konten yang berkualitas

Sebenarnya  konten marketing telah ada sejak lama, namun dengan semakin berkembangya jaman, teknologi dan juga beberapa platform online, sebuah konten telah menjadi dasar bagi berbagai jenis aktivitas pemasaran. Selain itu, sebuah konten yang berkualitas dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Misalnya, Anda dapat membuat entri blog, membagikannya di media sosial dengan tautan yang kembali ke pos Anda, merekam video atau infografis yang menyajikan konten secara visual, dan membuat infografis dengan kutipan dari pos yang telah anda buat dan kemudian dibagikan di beberapa sosial media (Facebook, Twitter, Instargam dan lain sebagainya)

Memanfaatkan review atau testimony pelanggan

Sebuah user-generated content, atau diartikan sebagai konten yang dibuat oleh pelanggan Anda, adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda jika dimanfaatkan secara maksimal. Anda dapat memanfaatkan user-generated content dengan mengunjungi beberapa Situs review yang ada di Indonesia. Di beberapa situs review tersebut, para pelanggan menuliskan pengalaman dan juga pendapat mereka tentang bisnis Anda secara terbuka agar dapat dilihat semua orang. Jika umpan balik (feedback) mereka positif, Anda dapat menggunakan testimonial tersebut di situs Anda. Namun, jika umpan balik kurang baik, Anda memiliki kesempatan besar untuk secara terbuka memperbaiki kekurangan dan mencoba untuk berkembang dengan lebih baik lagi.

Memanfaatkan Linkedin untuk mencari relasi secara profesional

Dengan membuat grup di Linkedin, hal ini dapat  memungkinkan Anda untuk menawarkan jaringan profesional sumber informasi yang berguna untuk mengarahkan traffic ke situs Anda sehingga dapat meningkatkan keuntungan penjualan

Memang hal ini cukup sulit untuk dilakukan, butuh waktu dan usaha untuk melakukannya, tapi tujuannya adalah untuk membantu menyediakan sumber daya dan memulai diskusi mengenai topik yang dapat memberi manfaat bagi komunitas Anda. Grup juga harus menjadi sebuah tempat bagi anggota Anda untuk menjalin jaringan yang profesional lainnya secara online.

Mempublikasikan konten di beberapa Niche Blog

Meskipun mungkin sulit untuk mendapatkan sebuah halaman utama, Anda dapat menciptakan strategi dan peluang pemasaran dengan menjadi fitur dalam blog niche populer. Kenali tiga sampai lima blog yang menargetkan pasar Anda lalu hubungi pemilik blog stersebut dan tawarkan beberapa gagasan tentang bagaimana Anda ingin memberi nilai tambah bagi pembacanya. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan, beberapa diantaranya adalah:

  • Tunjukkan kemauan baik dengan menawarkan pemilik blog niche sedikit produk atau layanan Anda secara gratis, yang dapat mereka berikan kepada audiens mereka sebagai hadiah. Ini berbeda dengan review produk, yang hanya menawarkan informasi.
  • Kirimkan ide untuk posting blog yang ingin Anda tulis dan jelaskan mengapa mereka bisa membantu pembaca mereka untuk mendapatkan nilai tambah.
  • Tanyakan apakah Anda bisa mewawancarai mereka untuk situs Anda. Ini mungkin menarik perhatian manajer blog untuk mempromosikan konten Anda karena ini akan menyoroti bisnis mereka.

Jangan lupakan cara pemasaran tradisional

Disini pemasaran tradisinal adalah dengan menggunakan e-mail. Pada saat ini, masih banyak orang menganggap jika melakukan pemasaran melalui e-mail adalah hal yang ketinggalan jaman. Tapi kenyataan menunjukkan bahwa e-mail sama efektifnya seperti sebelumnya. Dengan menggunakan e-mail, anda dapat berhubungan dengan pelanggan lama Anda dengan cara memberikan penawaran, produk, dan diskon baru Anda.

Selain itu, ajaklah pengunjung baru untuk berlangganan newsletter Anda, tawarkan kepada mereka konten eksklusif, misalnya. Dengan cara itu, Anda akan membuka pintu bagi calon klien. Pastikan untuk menghubungi mereka secara teratur tapi tidak intrusif dan dengan cara yang berbeda untuk menarik minat mereka pada apa yang Anda tawarkan. Buat mereka merasa tertarik pada penawaran yang telah anda lakukan sehingga mereka tertarik untuk membeli produk anda.

Memanfaatkan hashtag di media sosial

Gunakan hashtag lucu untuk membuat orang membicarakan subjek Anda di Twitter. Ingatlah untuk membuat hashtag dapat dikaitkan baik dengan target pemirsa maupun merek Anda. Anda bisa mendapatkan tren hashtag dengan berkolaborasi dengan beberapa orang yang sama dengan target audiens Anda. Anda juga bisa mempromosikan hashtag di Twitter dengan membayarnya.

Demikian pula, Anda juga bisa menggunakan hashtag di Instagram. Tapi pastikan Anda mendorong orang untuk berbagi foto dengan menggunakan hashtag.

Bekerjasama untuk membuat sebuah acara online

Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan satu atau dua perusahaan yang memiliki bisnis yang sama dengan Anda untuk menjadi tuan rumah sebuah forum online, obrolan Twitter, atau telekonferensi. Dengan bekerja sama, Anda dapat membagi biaya yang dikeluarkan, menggabungkan pengetahuan dan keahlian seorang kolega dengan Anda sendiri, dan mencapai dua kali target audience.

Itulah beberapa tips internet marketing dengan biaya yang murah. Ada lebih banyak kesempatan untuk memasarkan bisnis kecil dengan anggaran terbatas, dan yang dibutuhkan hanyalah sedikit kreativitas dan kemauan untuk menginvestasikan waktu anda untuk melakukannya.

 Dapatkan update terbaru dari kami (artikel, promo, event) melalui email, masukkan email Anda

Daftar