Tips Memaksimalkan Blog untuk Internet Marketing

Muhamad Amirullah

 


Dalam menjalankan sebuah bisnis di jaman modern ini, memiliki blog yang terawat dengan baik merupakan sebuah hal yang penting, dan ini mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Sebuah Blog yang up to update secara reguler bisa menjadi sumber informasi ideal yang dapat dikunjungi oleh pengguna setiap kali mereka membutuhkan jawaban. Platform blog saat ini sangat mudah untuk digunakan, dan Anda bisa membuat blog dan mengunggah konten hanya dengan beberapa klik saja.

Sementara konten generik dari sebuah situs web tidak berubah setiap hari, blog dapat menjadi alternative informasi yang terdiri dari berita trending yang terus diperbarui. Topik yang dibahas di blog mungkin cukup beragam, dan Anda bisa membuat campuran artikel yang menarik. Bukan hanya konten tertulis, tapi blog juga dapat terdiri dari foto, grafik, seni, audio, musik, video bahkan animasi. Mempublikasikan bisnis Anda melalui blog adalah cara termudah dan paling efektif untuk menarik perhatian dan melibatkan target audience serta pelanggan.

Sebelum masuk ke tips mengoptimalkan Blog untuk bisnis, mari melihat beberapa hal penting yang terkait dengan Blogging:

Blog Post

Sebuah “blog post” mengacu pada sebuah konten yang diposting dalam sebuah blog. Di dinding blog, posting terbaru akan ditampilkan di atas sementara postingan sebelumnya akan berada di bawahnya. Namun, Anda memiliki pilihan untuk menyesuaikan urutan pos ditampilkan berdasarkan prioritas atau keinginan Anda.

Comments

Fitur “comments” atau komentar dianggap sebagai salah satu kelebihan utama sebuah blog karena ternyata blog dapat menjadi sebuah forum yang interaktif. Para pembaca bisa meninggalkan komentar di postingan blog dan melakukan percakapan atau diskusi dengan Anda dan pembaca lainnya. Selain itu, sebuah bisnis juga bisa mendapatkan umpan balik secara instan dan berkualitas tentang produk atau layanan mereka melalui komentar semacam itu. Dengan menanggapi pertanyaan dan masukan yang dibuat berdasarkan komentar, Anda dapat langsung menjangkau target pemirsa Anda.

Dashboard

Ini adalah panel admin yang bisa diakses oleh penulis untuk mengelola blog. Anda bisa mengubah tampilan dan nuansa blog, mengatur tulisan, mengulas komentar, dan membuat atau mengedit posting blog langsung dari dasbor.

Category & Tag

Anda dapat mengatur setiap entri blog dengan mengkategorikannya. “Tagged keywords” juga dapat disisipkan untuk setiap posting yang memudahkan pengguna untuk menemukan topik yang mereka cari melalui kolom pencarian. Tag kata kunci juga membantu mesin pencari untuk menampilkan sebuah postingan yang sesuai.

Archive

Jika Anda adalah seorang blogger yang menulis kontenen secara konsisten maka lama kelamaan blog Anda akan ke”overload” dengan banyak postingan. Namun, Anda bisa mengatur ulang posting lama dengan cara mengarsipkannya. Hal ini bertujuan agar para pengguna dapat menelusuri arsip yang dibuat sesuai tahun, bulan atau tanggal tertentu. Pencadangan dan penyimpanan yang benar dengan pengarsipan harus dijadikan sebagai bagian dari prioritas Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang beberapa istilah umum yang terkait dengan blog, mari kita bahas beberapa tips untuk mengoptimalkan blog untuk bisnis yang akan membantu memasarkan blog ke target pemirsa Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang beberapa istilah umum yang terkait dengan blog, mari kita bahas beberapa tips untuk mengoptimalkan blog untuk bisnis yang akan membantu memasarkan blog ke target pemirsa Anda.

Tips Memaksimalkan Blog untuk Internet Marketing

Ketika membahas tentang bisnis blogging untuk internet marketing, maka Anda dituntut untuk tidak hanya mempertahankan blog dan tetap membuat beberapa postingan yang konsisten. Anda harus memastikan bahwa blog Anda memiliki kemampuan untuk menarik traffic pengunjung. Ini bukan pekerjaan yang mudah untuk dicapai. Para pemasar bisnis sekarang mulai menyadari jika blogging merupakan sebuah aspek kunci pemasaran digital, dan mereka terus-menerus mencari strategi yang akan membantu mereka mencapai tujuan ini. Bagi pemula, berikut adalah panduan bagaimana mengoptimalkan sebuah blog bisnis.

Menemukan Domain yang Tepat

Adalah sebuah hal yang sangat penting untuk menemukan domain yang bagus untuk blog Anda. Anda perlu mempertimbangkan untuk memberikan nama domain yang ideal ke blog Anda berdasarkan jenis industri seperti makanan, kesehatan, mobil, asuransi, hiburan atau berita. Nama blog harus singkat, sederhana dan mudah diingat.

Memilih Platform Hosting yang Tepat

Pada saat ini, terdapat ratusan pilihan penyedia hosting yang tersedia untuk Anda. Luangkan waktu dan pilih yang tepat. Penyedia hosting mungkin mencoba untuk memikat Anda dengan banyak tawaran yang menggiurkan, namun berhati-hatilah tentang biaya tersembunyi dan biaya perpanjangan yang besar. Bagi pemula, WordPress dan Blogspot adalah platform yang paling ideal. Hosting yang tepat akan menawarkan uptime maksimal dan akses mudah ke blog Anda

Memiliki Tema Blog yang User-Friendly dan Sederhana

Setelah selesai membeli domain dan hosting, dan telah memutuskan platform blogging, Anda perlu memikirkan desain. Tidak peduli platform blogging mana yang Anda pilih, Anda akan menemukan ratusan tema dan template. Anda harus memilih tema ideal berdasarkan jenis bisnis Anda, dan yang lebih penting lagi, prioritas kelompok sasaran Anda. Pastikan Anda memilih tema responsif, yang merupakan syarat wajib untuk terdaftar di search engine dan juga untuk membuatnya mudah digunakan.

Cobalah untuk Menggunakan Gambar Buatan Sendiri

Sebaiknya gunakan gambar yang dilindungi hak cipta Anda sendiri saat mempublikasikan sebuah postingan. Anda dapat menemukan banyak gambar dan foto gratis secara online, namun saat Anda mencoba menciptakan identitas unik untuk bisnis Anda, Anda perlu melakukan usaha lebih untuk gambar berkualitas bagus. Anda bahkan bisa membuat grafik dan gambar dengan menggunakan tool seperti Photoshop, Indesign, Illustrator dan lain sebagainya.

Memposting konten original

Akan menjadi hal yang tidak layak jika membuat blog dengan konten bajakan. Ini tidak hanya akan mempengaruhi keaslian blog Anda, namun mesin pencari utama mungkin juga memasukkan Anda ke daftar hitam saat menemukan plagiarisme di postingan Anda. Jadi, selalu siapkan konten original dan pastikan untuk menggunakan kata kunci yang efektif dalam judul, tag header, dan juga di dalam konten tersebut.

Pastikan untuk Menggunakan Plugin yang Tepat

Terdapat banyak sekali plug-in yang tersedia untuk blogging. Namun tidak semua plugin tersebut berguna atau perlu. Anda harus memilih pugin yang tepat yang menjalankan tujuan bisnis Anda. Afa beberapa plugin terbaik yang dapat Anda gunakan seperti: Email Subscribers & Newsletters dan lain sebagainya. Plugin ini akan membantu Anda untuk menilai traffic dan kecepatan pemuatan halaman dan lain-lain. Namun perlu untuk diingat, menggunakan terlalu banyak plug-in dapat memperlambat blog Anda dan membuatnya lebih rumit.

Itulah beberapa tips untuk mengoptimalkan blog bisnis Anda. Semoga beberapa tips tersebut bermanfaat dan Anda dapat mengaplikasikannya sehingga bisnis Anda dapat maksimal.