Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Muhamad Amirullah


Ada kalanya Anda menyadari bahwa bisnis Anda jalankan membutuhkan sebuah situs web atau aplikasi mobile, oleh karena itu, Anda harus menyewa atau membutuhkan salah satu dari banyak perusahaan jasa pembuatan website yang ada di sekitar Anda. Hal ini mungkin kedengarannya mudah karena Anda dapat mencari melalui dan Anda akan mendapati terdapat ribuan perusahaan yang menawarkan layanan semacam itu. Tapi, tunggu sebentar, benarkah itu mudah? Bisakah setiap perusahaan melakukan pekerjaan itu, dan melakukannya dengan baik? Bagaimana Anda tahu jika Anda akan menerima kualitas kerja yang bagus atau tidak? Berapa banyak yang harus Anda bayar dan berapa lama proses pembuatan web tersebut akan berlangsung? Ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu dijawab sebelum Anda mengambil keputusan.

Mengetahui Tentang Apa yang Anda Inginkan

Sebuah Website lebih dari sekadar memberikan sebuah ”alamat” untuk bisnis Anda. Ha Ini lebih dari sekedar menampilkan layanan yang Anda tawarkan dan meninggalkan informasi kontak untuk calon klien agar dapat saling berinteraksi. Sementara itu, pengembangan web melibatkan pembuatan interface yang unik yang menghubungkan pelanggan dengan produk Anda dan membujuk mereka untuk membeli produk Anda. Dalam sebuah website yang bagus harus menyediakan cara yang mudah dan jelas bagi pelanggan untuk membeli barang atau memesan layanan Anda. Untuk memahami dengan tepat apa yang Anda butuhkan, mulailah dengan mengevaluasi proses dan struktur bisnis Anda. Pertimbangkan produk yang ditawarkan dan target pelanggan Anda. Dengan pemikiran ini, pesanlah solusi web yang mempermudah interaksi dengan klien Anda. Hasil akhir dari webtersebut akan memudahkan Anda dan tim Anda untuk menerima pesanan, memproses, mengirim dan melacak kemajuan setiap permintaan. Jika hal Ini terjadi, berarti pelanggan menikmati sebuah web yang user-friendly dan solusi backend yang fungsional untuk bisnis Anda.

Berapakah Biaya yang Harus Dikeluarkan

Ada banyak perusahan web developer yang akan memberikan berbagai harga penawaran untuk pekerjaan yang sama persis. Dikarenakan hal tersebut, ada banyak pebisnis yang melakukan kesalahan dengan memilih angka terendah atau termurah. Bila Anda ingin mempekerjakan tim pengembangan web, kurangi fokus pada harga dan lebih pada mendapatkan fitur yang Anda inginkan. Elemen penting seperti kualitas situs web atau produk web, jumlah atau fitur dan waktu pengerjaan akan terpengaruh oleh perusahaan dengan penawaran biaya yang rendah. Sebuah perusahaan dengan keahlian dan pengalaman akan mempu memperkirakan waktu dan hasil akhir yang sepadan. Oleh karena itu, bersiaplah untuk membayar jumlah yang tepat untuk produk yang berkualitas. Pertimbangkan juga kualitas layanan pelanggan, tersedianya layanan pendukung atau reputasi pengembang di industri ini. Jangan pernah mengorbankan kualitas karena uang karena hal ini akan cepat menghancurkan bisnis e-commerce Anda.

Selalu Berkomunikasi

Sebuah web yang bagus tidak dapat terjadi semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini membutuhkan konsultasi yang intensif antara pengembang dan pemiik website. Selama perencanaan, sebuah ruangan harus disediakan untuk dialog terus menerus sehingga setiap tahap pengembangan dapat dibahas dan hasil akhirnya dapat memuaskan kedua pihak. Komunikasi yang jelas memungkinkan Anda untuk menyesuaikan keinginan dan harapan Anda berdasarkan hasil proses pengembangan. Tanpa komunikasi, pengembang tidak akan memberikan produk yang Anda inginkan atau mungkin mengarah pada revisi yang akan menunda peluncuran web Anda.

Menghargai Sebuah Proses

Ketika Anda mempekerjakan perusahaan pengembangan perangkat lunak yang profesional, Anda pasti sudah mengerti bahwa proses pengembangan sebuah web memerlukan waktu. Dengan demikian, bernegosiasi dan biarkan pengembang menggunakan waktu mereka, sumber daya yang diperlukan, dan juga menghubungi Anda untuk masukan dan pertanyaan kapan pun mereka memiliki kesulitan. Pengembang membutuhkan kebebasan untuk berkonsentrasi dan kreatifitas agar menghasilkan produk yang berkualitas. Kegagalan untuk mengenali hal ini hanya akan menimbulkan konflik yang tidak perlu. Kirimkan sumber penting seperti literatur perusahaan, struktur yang diinginkan atau saran format, sehingga mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk bekerja dengan segera. Berikanlah pengembang waktu yang wajar untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa terlalu sering bertanya kapan web tersebut akan selesai. Memaksa perusahaan pengembang untuk memenuhi tenggat waktu yang tidak realistis hanya akan mempengaruhi kualitas pekerjaan.

Meminta Source Files Ketika Website Sudah Selesai

Sebuah source file merupakan material yang digunakan oleh pengembang dalam menciptakan produk perangkat lunak (seperti web dan sebegainya). Tanpa file ini, Anda tidaka akan dapat merevisi atau mengedit bagian penting web Anda ketika diperlukan. Hal Ini akan menjadi sebuah hambatan bagi Anda, selain itu, ini juga bisa menimbulkan konsekuensi serius bagi bisnis Anda. Untuk mempertahankan kontrol atas produk web ke Anda, mintalah source file dan simpan dengan aman di kantor Anda.

Partnership

Dalam mengembangkan sebuah software dibutuhkan dua sisi untuk menciptakan sesuatu yang hebat. Situs web atau aplikasi yang bagus memerlukan masukan dari pemilik dan pengembang. Kenyataan bahwa Anda telah mempekerjaan kontraktor pengembang web dan telah membayar sejumlah uang yang lumayan tidak berarti Anda hanya akan mendapatkan produk jadi tanpa hasil kerja sama (partnership), hal ini karena Anda harus memberikan informasi, saran, dan sumber daya yang dibutuhkan. Ketika pengembang melakukan technical coding, maka Anda akan memberikan arahan dari satu langkah atau tingkat ke tingkat yang lain. Kebutuhan akan kemitraan adalah alasan mengapa komunikasi begitu penting. Pengembang akan meminta Anda untuk melihat produk mentah sebelum terlalu banyak fitur ditambahkan. Anda juga akan diminta untuk menguji situs atau mengintegrasikannya sebagian sebelum produk akhir diluncurkan. Anda perlu memberikan akses ke rincian penting tentang struktur dan operasi bisnis Anda untuk memudahkan proses pengembangan. Tanpa kerjasama / partnership yang bagus, proses pengembangan web tidak akan pernah menghasilkan produk yang Anda inginkan.

Jangan Lupa untuk Meminta Referensi

Pengembang web, seperti banyak kontraktor independen lainnya, selalu ingin mengamankan pekerjaan dengan menjanjikan semua yang diminta klien. Untuk memastikan kualitas produk atau layanan perusahaan, disarankan untuk membaca ulasan atau menghubungi klien sebelumnya untuk mengetahui apakah pengalaman mereka positif. Kualitas pengembang web yang Anda sewa akan menentukan nilai produk yang Anda dapatkan. Selalu mencari tim berpengalaman yang secara konsisten menghasilkan solusi e-commerce fungsional untuk berbagai klien. Ketika Anda melakukan hal tersebut, secara otomatis Anda akan mendapatkan perusahaan pengembang yang berpengalaman dan professional.