Tips Mengembangkan Wesbsite Bisnis Dengan Mudah

Muhamad Amirullah


Dengan semakin berkembangnya teknologi, terdapat banyak website fantastis di luar sana yang diproduksi oleh orang-orang kreatif yang tahu bagaimana mengoptimalkan peluang di dunia digital, di sisi lain, masih banyak juga pebisnis masih menjalan website yang ketinggalan jaman dan tidak menarik bagi para konsumen. Sebuah situs web bisnis sama pentingnya dengan seorang sales yang hebat dan harus dikembangkan dengan tingkat fokus yang sama seperti Anda akan sedang mengembangkan tim Anda. Namun, jika situs Anda bukan “salesman” terbaik Anda, maka Anda harus membenahinya agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang.

Memiliki tujuan dan pandangan yang jelas bagaimana situs anda akan berjalan adalah hal yang penting sebelum Anda mulai merancangnya. Setelah selesai dan berjalan, fokuslah pada perbaikan secara terus-menerus untuk melihat jika situs web Anda menjadi sebuah alat yang sangat hebat dalam mengarahkan bisnis Anda ke depan. Berikut adalah beberapa tips mengembangkan sebuah website bisnis dengan mudah:

Memiliki Desain Bagus

Agar para konsumen Anda tertarik dengan produk yang ditawarkan maka Anda harus memiliki website dengan desain semenarik mungkin. Namun, tantangan yang paling penting adalah – apakah desain tersebut tidak mempengaruhi performa website Anda? Bisakah pelanggan Anda mendapatkan informasi dan layanan yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat? Jika tidak, mereka hanya akan pergi dan pergi ke situs pesaing Anda. Saat ini terlalu banyak situs yang membosankan dan hanya “copy paste” dari website lain. Oleh karena itu, buatlah website Anda unik dan berbeda.

Link Building dan Konten yang Teroptimasi

Melakukan keyword resrach adalah hal yang sangat penting dan perlu dikelola secara efektif untuk mendapatkan kata-kata yang tepat bagi konten Anda. Jika terlalu sedikit menggunakan keyword yang tepat maka akan sulit untuk terindeks di mesin pencari, namun jika terlalu banyak maka akan kemungkinan besar akan terblokir. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset secara efektif. Membangun inbound link ke situs Anda adalah salah satu faktor paling penting dalam pencarian yang sukses dan harus terus berlanjut. Slain itu, Anda juga harus melakukan perbaikan atau improvement secara terus-menerus agar konten yang Anda buat dapat menjadi sebuah konten yang viral.

Membuat Konten yang Menarik

Para pengunjung sebuah website akan menyukai konten baru yang baru dan unik, dan begitu juga Search Engine. Blog, berita dan artikel seringkali merupakan cara terbaik untuk memastikan situs Anda selalu update dengan berita yang baru dan info menarik. Dengan begitu, pelanggan Anda akan selalu mengunjungi website Anda ketika mereka mencari hal hal baru dan menjadi sebuah acuan informasi bagi mereka. Dengan membuat konten yang menarik juga akan membuat website Anda dikenal dan memiliki reputasi yang baik di mata mereka.

Mobile-Friendly dan Media Sosial

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, pastinya setiap individu memiliki smartphone, dan mereka dapat mengakses website Anda melalui telepon genggam mereka masing masing. Oleh karena itu, pengguna ponsel membutuhkan sebuah website yang responsive ketika di akses melalui mobile. Selain memiliki website yang mobile-friendly, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial. Media sosial dapat memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang jauh lebih tidak formal atau lebih santai. Namun, pastikan Anda mempertahankan gaya komunikasi yang konsisten, dan tetap sesuai dengan merek Anda agar para pelanggan tidak kebingungan.

Manajemen Konten yang Mudah

Sebuah situs web bisnis memerlukan improvement secara reguler agar dapat bekerja secara efektif, selalu memiliki berita terbaru, penawaran dan promosi baru, dan blog dan kata kunci yang diperbarui secara rutin. Namun masih terdapat banyak pebisnis membuat situs dan berharap untuk terus berjalan dengan baik tanpa melakukan improvemnet. Oleh karena itu, Situs web Anda harus memiliki Content Management System (CMS) yang mudah digunakan agar tim Anda dapat memperbarui dan mengedit tanpa perlu kembali ke rancangan original yang mahal dan tidak efektif.

Memanfaatkan Analytics agar Efektif

Melacak pelanggan potensial melalui situs Anda sangat penting untuk meningkatkan keefektifannya. Halaman mana yang mereka kunjungi, gambar mana yang mereka lihat, apa yang mendorong konversi paling efektif? Dengan begitu, Anda dapat menghilangkan pemborosan dan melakukan perbaikan untuk mengembangkan website Anda. Anda perlu melacak bagaimana mereka sampai ke situs Anda, dan mengoptimalkan peluang, dan ke mana mereka pergi berikutnya. Jika itu pesaing Anda, maka Anda bisa fokus tentang agar pelanggan  kembali ke website Anda.