Langkah Cara Mengelola Keuangan untuk UKM

Public Channel / Artikel

Share on Social Networks

Share Link

Use permanent link to share in social media

Share with a friend

Please login to send this presentation by email!

SELAMAT DATANG

8 Langkah Cara Mengelola Keuangan untuk UKM

UKM

Ketika Anda memulai sebuah bisnis kecil atau UKM, maka Anda ketekunan dan semangat untuk membuat bisnis tersebut meraih kesuksesan. Namun, seperti yang Anda ketahui, memiliki sebuah bisnis adalah hal yang sangat menantang dan harus dapat mengelola banyak hal agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa tips cara mengelola keungan untuk bisnis kecil atau UKM :

Membuka Rekening Bank

Setelah Anda mendaftarkan bisnis Anda secara sah, langkah selanjutnya adalah Anda perlu menyisihkan pendapatan bisnis Anda. Memiliki rekening bank yang terpisah dari rekening pribadi akan mempermudah untuk menghitung jumlah dan pembayaran pajak. Perhatikan juga bahwa LLC, kemitraan, dan perusahaan diwajibkan secara hukum untuk memiliki akun bank secara terpisah untuk bisnis. Namun, pemilik tunggal tidak membutuhkan akun terpisah secara hukum, tetapi sangat disarankan.

2. Menekan Pengeluaran Anda

Belajar untuk melacak pengeluaran Anda secara efektif. Ini adalah langkah penting yang memungkinkan Anda memantau pertumbuhan bisnis Anda, membuat laporan keuangan, melacak pengeluaran yang dapat dikurangkan, menyiapkan pengembalian pajak, dan mendukung apa yang Anda laporkan pada pengembalian pajak Anda.

Beberapa tips cara mengelola keungan untuk bisnis kecil atau UKM :

3. Menggunakan Software yang Tepat

Ada kalanya setiap pemilik bisnis harus membuat beberapa keputusan sulit tentang bagaimana mengelola laporan keuangan dan sebagainya. Namu, Anda tidak perlu lagi merasa bingung karena terdapat sebuah sistem yang disebut dengan odoo ERP. ERP merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan dan sangat bermanfaat bagi bisnis UKM Anda, namun juga dapat memakan waktu, tenaga dan sumber daya, dan biaya ketika digunakan secara reguler.

Beberapa tips cara mengelola keungan untuk bisnis kecil atau UKM :

4. Siapkan Sistem Penggajian

Anda harus memutuskan jadwal pembayaran gaji dan memastikan bahwa Anda membayar pajak yang benar; ada banyak layanan yang dapat membantu Anda untuk menangani hal ini. Untuk kontraktor independen, pastikan untuk melacak berapa banyak Anda membayar setiap orang.

5. Mempelajari Tentang Pajak Barang Impor

Saat mengimpor produk, Anda kemungkinan akan dikenakan pajak dan bea. Ini adalah biaya yang dikenakan negara Anda pada barang yang masuk. Luangkan waktu untuk mempelajari tentang seluk beluk barang impor, dan pajak terkait, sehingga Anda mngetahui banyak hal yang dapat memudahkan Anda.

6. Menetapkan Prosedur Pajak Penjualan

Dunia eCommerce telah mengguncang peraturan pajak penjualan dan mereka diakui agak membingungkan karena masalah lokasi. Ketika pelanggan masuk ke toko fisik, mereka membayar pajak penjualan dari negara bagian atau provinsi tempat mereka melakukan pembelian, tidak peduli apakah mereka tinggal di kota itu, atau mereka berkunjung dari seluruh dunia. Namun, saat Anda berjualan online, Anda sering menjual ke pelanggan yang tinggal di negara bagian / provinsi berbeda, dan bahkan negara.

7. Tentukan Kewajiban Pajak Anda

Kewajiban pajak bervariasi tergantung pada struktur hukum dari sebuah bisnis. Jika Anda berwiraswasta (kepemilikan tunggal, LLC, kemitraan), Anda akan mengklaim pendapatan bisnis pada pengembalian pajak pribadi Anda. Korporasi, di sisi lain, adalah entitas pajak yang terpisah dan dikenakan pajak secara independen dari pemilik. Penghasilan Anda dari perusahaan dikenakan pajak sebagai karyawan.

8. Terus Mengevaluasi Kembali Metode Anda

Ketika Anda pertama kali memulai sebuah bisnis UKM, Anda dapat memilih untuk menggunakan spreadsheet sederhana untuk mengelola keuangan Anda, tetapi ketika bisnis Anda tumbuh Anda akan ingin mempertimbangkan metode yang lebih canggih seperti Quickbooks atau aplikasi Bench

Akhir kata, memulai sebuah bisnis kecil dan menengah (UKM) dapat menjadi proses yang luar biasa, tetapi jika Anda mengikuti beberapa tips tersebut, Anda akan dapat mengantisipasi beberapa hal yang akan mempengaruhi bisnis Anda. Mulai dari membuka jenis rekening bank yang tepat untuk menentukan berapa banyak yang akan Anda hasilkan per produk, beberapa hal tersebut akan berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda, sekarang dan seiring pertumbuhannya.

SAMPAI JUMPA

Dilihat

  • 72 Total Views
  • 44 Website Views

Tindakan

  • 0 Social Shares
  • 1 Likes
  • 0 Dislikes
  • 0 Comments

Share count

  • 0 Facebook
  • 0 Twitter
  • 0 LinkedIn
  • 0 Google+