7 Alasan Mengapa Sistem ERP Penting Bagi Bisnis Anda

Muhamad Amirullah


Pada umumnya, para pemilik bisnis dan tim manajemen seringkali harus membuat beberapa keputusan penting di perusahaannya, dan salah satu keputusan yang mungkin Anda hadapi saat ini adalah apakah perusahaan Anda memutuskan untuk mengimplementasikan sistem ERP. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem yang dapat digunakan dan sangat bermanfaat bagi bisnis atau perusahaan Anda, namun juga dapat memakan waktu, tenaga dan sumber daya, dan  biaya ketika digunakan secara reguler.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana bisa sistem ERP dapat menguntungkan bisnis Anda?  Intinya adalah manfaat jangka panjang sistem ERP jauh lebih besar daripada biaya awal, waktu dan usaha yang Anda lakukan pada bisnis Anda. Dengan mempelajari lebih lanjut tentang apa itu ODOO ERP dan mengapa Anda harus memilih ODOO ERP, Anda mungkin akan mulai mengeksplorasi pilihan untuk menemukan solusi ERP yang tepat untuk bisnis Anda. Untuk mempelajari lebih detail tentang ERP silahkan mendownload Ebook gratis "Pengenalan Dasar Odoo ERP v11".

Berikut adalah 7 alasan mengapa sistem ERP penting bagi bisnis Anda:

Infestasi jangka panjang

Paket sistem ERP memang tidak murah, sehingga nampaknya tidak mungkin program tersebut benar-benar menghemat biaya bisnis Anda. Namun, inilah yang bisa terjadi, ERP dapat menyatukan banyak sistem yang saat ini terfragmentasi dalam bisnis Anda, dan ini termasuk dari segala hal mulai dari pengembangan produk dan manajemen pemasokan (supply chain) IT support, dan lain sebagainya. Dengan menyatukan beberapa sistem tersebut, Anda dapat menciptakan efisiensi biaya dan proses bisnis yang lebih baik. Dikarenakan hal tersebut, maka perusahaan Anda akan dapat menghemat biaya.

Peningkatan kolaborasi

Fitur aplikasi ERP dapat bervariasi tergantung pada program yang Anda gunakan, namun semua sistem ini memungkinkan Anda untuk berbagi, mengedit, meningkatkan keamanan dan akses data Anda. Anda tidak perlu lagi menggabungkan informasi di berbagai sistem atau sumber karena semua data tersebut dapat dikumpulkan, disimpan, dibagi dan diakses melalui satu sistem saja, maka Anda tidak perlu khawatir tentang keakuratan, kelengkapan atau keamanan data tersebut.

Memudahkan pembuatan dan akses laporan

Dengan menggunakan sistem ERP yang tepat dapat membuat pekerjaan di perusahaan atau bisnis Anda lebih mudah dan lebih cepat untuk menghasilkan berbagai laporan, dan ini mungkin mencakup segala hal mulai dari laporan pendapatan dan biaya dan masih banyak lagi. Kemampuan untuk memiliki akses ke sistem laporan ini akan dengan cepat memungkinkan Anda dan tim Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan lebih cepat. Anda tidak perlu lagi bergantung pada staf IT Anda untuk membuat laporan yang Anda butuhkan.

Peningkatan produktivitas

Tanpa sistem ERP, Anda dan karyawan Anda mungkin akan membuang banyak waktu untuk menyelesaikan banyak tugas penting secara manual. Hal ini pada akhirnya dapat berdampak negatif produktivitas tim Anda. Oleh karena itu, menggunakan sistem ERP akan menghilangkan pemborosan waktu ini, dan pada akhirnya produktivitas, efisiensi, dan profitabilitas bisnis Anda akan meningkat.

Pelayanan pelanggan yang lebih baik

ERP merupakan sebuah sistem internal, jadi Anda mungkin tidak akan mengira jika hal itu sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Dengan memiliki sistem ERP yang tepat maka sistem ini dapat digunakan dalam berbagai tugas pemasaran, dan ini berkaitan dengan proses yang mencakup pelayanan pelanggan. Pada akhirnya, sistem ini dapat membantu Anda untuk lebih berkomunikasi dengan pelanggan dan klien Anda.

Keamanan

Ketika Anda berkolaborasi dalam mengerjakan sebuah projek dengan pebisnis lain, sistem ERP dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengelolaan dan keamanan data. Anda dapat mengetahu siapa saja yang mengakses data tersebut sehingga tidak perlur khawatir lagi jika terjadi kecurangan oleh salah satu pihak maka Anda dapat mengetahuinya dengan mudah.

Peningkatan pengelolaan inventaris dan produksi

Jika bisnis Anda menggunakan inventaris dan memiliki proses produksi, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti pengelolaan yang lebih baik  ketika menggunakan sistem ERP. Sistem ini dapat digunakan untuk menyederhanakan tugas produksi, pengiriman barang dan sebagainya. Hal ini dapat mengoptimalkan bisnis Anda daripada membuat perkiraan tentang volume, proses dan banyak lagi secara manual.

Akhir kata, memilih sistem ERP yang tepat dapat memberikan perkembangan dan kemudahan yang signifkan terhadapat bisnis Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikan sistem ini Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada penyedia jasa implementasi ODOO ERP untuk mengetahui lebih dalam tentang sistem ini.