10 Tips Sukses Bisnis Toko Baju

Muhamad Amirullah

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis butik atau toko baju, kemungkinan besar Anda menyadari pentingnya multi-tasking dalam kegiatan Anda sehari hari. Terdapat banyak hal yang harus dilakukan guna menjalankan bisnis toko baju yang menguntungkan, dan sangat penting untuk menguasai semuanya. Untuk menghasilkan penjualan yang stabil, Anda harus menonjolkan kelebihan toko baju Anda dari para pesaing yang ada di pasaran. Berikut ini ada 10 tips sukses bisnis toko baju yang dapat Anda coba:

Bereksplorasi dengan strategi pemasaran yang baru

Berinvestasi pada strategi pemasaran yang akan mengarahkan pelanggan ke lokasi fisik dan toko baju online Anda merupakan hal yang memang perlu untuk dilakukan.Namun, apakah strategi pemasaran Anda saat ini tidak menghasilkan seperti apa yang Anda harapkan? Jika begitu, maka saatnya Anda mencoba untuk bereksplorasi dengan strategi pemasaran yang lainnya seperti iklan Facebook berbayar, atau iklan di koran lokal. Setelah Anda menguji berbagai teknik pemasaran yang baru tersebut, Anda harus mengevaluasi strategi pemasaran mana yang paling sesuai untuk bisnis toko baju Anda. 

Ikut berpartisipasi dalam kegiatan atau acara lokal

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di komunitas Anda adalah dengan terlibat dalam setiap kegiatan mereka. Buatlah stan di acara lokal, atau hadiri pesta apresiasi pelanggan Anda. Peluang ini akan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan pelanggan Anda secara langsung. Jika mereka merasa mengenal produk Anda, maka mereka akan cenderung menjadi pelanggan yang konsisten.

Menghargai loyalitas pelanggan

Berilah apresiasi kepada pelanggan yang kembali ke toko Anda dengan membuat program loyalitas. Bisnis Anda bergantung pada pelanggan yang terus kembali ke toko Anda, dan jika mereka senang, mereka akan lebih cenderung memberi tahu orang lain tentang bisnis Anda.Tak hanya itu, pembeli juga akan lebih bersedia untuk melakukan transaksi di toko Anda jika mereka tahu sedang terdapat diskon.

Manfaatkan marketplace

Anda dapat menghasilkan penjualan tambahan dengan membuat profil pada marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia.Elevenia dan lain sebagainya.. Marketplace akan memberi Anda kesempatan untuk mengiklankan produk Anda sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan yang mungkin tidak mengetahui tentang toko baju Anda. Pastikan Anda selalu aktif pada beberapa marketplace tersebut agar pelanggan tetap mengunjungi profil toko baju Anda.

Lokasi yang strategis

Tanpa lokasi yang nyaman dan menonjol, Anda mungkin kesulitan untuk mendatangkan pelanggan baru. Ketika Anda mencari sebuah lokasi butik atau toko baju, pastikan Anda memilih bangunan yang terlihat dari jalan di dekatnya dan tidak sulit ditemukan. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan orang-orang melihat toko Anda dan memutuskan untuk berkunjung.

Ajukan pinjaman modal

Terkadang, Anda harus mengeluarkan modal untuk menghasilkan pendapatan. Tetapi jika bisnis Anda tidak memiliki biaya ekstra untuk melakukan improvisasi, maka ini akan menjadi hal yang berat. Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan tambahan modal kerja. Banyak pemberi pinjaman menyediakan bisnis ritel dengan opsi modal kerja sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis mereka. Setelah Anda memiliki modal kerja tambahan, Anda akan mampu membayar biaya seperti mempekerjakan karyawan baru, membeli bahan baku, atau memperluas lokasi toko baju Anda.

Mempekerjakan karyawan yang tepat

Ketika pelanggan mengunjungi toko baju Anda, mereka harus menerima pengalaman berbelanja yang terbaik. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat ditawarkan oleh toko serba ada dan toko-toko bermerek lainnya, dan ini akan membuat pelanggan memperhatikan toko baju Anda. Untuk memberikan layanan terbaik, Anda perlu merekrut karyawan yang memenuhi syarat. Dengan memiliki karyawan yang ramah dan berpengalaman, maka para pelanggan akan selalu merasa diperhatikan ketika mereka mengunjungi toko baju Anda.

Selain pelayanan di toko offline, jangan lupakan juga tentang penjualan online. Pekerjakan karyawan yang berkompeten sehingga toko baju Anda dapat mengelola pesanan online dengan baik. Pelanggan online sama pentingnya, dan layak mendapatkan kualitas pelayanan yang sama dengan pelanggan toko offline.

Pentingnya feedback pelanggan

Kritik yang konstruktif dapat membantu bisnis toko baju Anda berkembang lebih baik lagi. Kirim survei kepuasan pelanggan dan lihat apa yang pelanggan hargai tentang bisnis Anda. Selain itu, pelanggan mungkin memiliki saran tentang cara untuk meningkatkan kinerja toko baju Anda. Mungkin mereka ingin melihat lebih banyak jenis produk tertentu, atau mereka menemui masalah ketika memesan secara online. Feedback ini akan membantu Anda untuk terus memajukan bisnis toko baju Anda, dan pelanggan akan merasa senang jika Anda mempertimbangkan ide-ide mereka.

Menawarkan diskon

Pernah Anda memperhatikan bagaimana bisnis ritel yang lebih besar menawarkan penjualan besar yang akan membuat stok lama mereka cepat laku? Caranya adalah dengan menawarkan diskon. Tarik perhatian pelanggan untuk mengunjungi lokasi toko baju atau situs web Anda untuk melakukan transaksi dan tawarkan pada mereka diskon untuk beberapa item khusus Anda. Penjualan ini akan membantu Anda untuk menyingkirkan produk atau stok lama yang belum terjual.

Mengelola keuangan bisnis dengan baik

Jika Anda ingin toko baju Anda berkembang, Anda harus mengikuti mengelola pengeluaran dengan teliti. Pastikan bahwa Anda tidak membelanjakan inventaris, mempekerjakan terlalu banyak karyawan, atau membuang-buang uang untuk layanan yang tidak bermanfaat. Dengan meninjau pengeluaran bisnis, Anda akan dapat memangkas semua biaya yang tidak perlu sehingga Anda dapat mengelola keuangan bisnis  Anda untuk hal yang lebih bermanfaat. Salah satu cara yang mudah untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik adalah dengan menggunakan sistem ERP yang berkualitas.

Setelah Anda mengetahui tentang 10 tips sukses bisnis toko baju, inilah saatnya bagi Anda untuk mulai mencoba mengaplikasikannya. Menjalankan bisnis toko baju atau butik dapat menjadi tantangan, tetapi dengan mengikuti beberapa tips tersebut, bisnis Anda pasti akan berkembang.